Calon Mahasiswa, Seperti Ini Perbedaan Statistika dan Sains Aktuaria

Jum'at, 22 April 2022 - 14:28 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Seperti Ini Perbedaan Statistika dan Sains Aktuaria
Calon mahasiswa, seperti ini perbedaan statistika dan sains aktuaria. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Bagi calon mahasiswa yang saat ini sedang melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi, perlu diperhatikan kembali jurusan yang ingin dipilih. Tidak hanya disesuaikan dengan minat dan bakat namun juga jangan sampai pilih karena ada beberapa jurusan yang sering dikira sama.

Misalnya masih banyak masyarakat yang berasumsi bidang ilmu aktuaria sama dengan statistika. Khususnya bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan ingin mengambil Statistika atau Sains Aktuaria, mari simak perbedaan keduanya.

Departemen Sains Aktuaria Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) telah dibuka sejak 2018 silam untuk memenuhi kebutuhan aktuaris baru di Indonesia. Kepala Departemen Sains Aktuaria ITS Dr Soehardjoepri memaparkan, statistika maupun aktuaria sejatinya merupakan gabungan dari beberapa bidang ilmu seperti matematika, statistika, ekonomi, keuangan, serta komputasi.

Keduanya pun memiliki peran yang seimbang dalam perkembangan sains dan analitika data. Meskipun terkesan sama, dosen yang kerap disapa Jupri ini menambahkan, terdapat perbedaan mendasar yang dimiliki oleh kedua departemen yang tergabung dalam Fakultas Sains dan Analitika Data (FSAD) ini.

Baca: Kisah Olivia Nike, Anak Sopir Bus yang Berhasil Lulus Cumlaude

“Statistika sendiri, dipelajari untuk menganalisis suatu prediksi dan pengambilan keputusan dari suatu permasalahan dengan berdasarkan data dan fakta yang ada. Sedangkan aktuaria lebih spesifik ke arah analisis pengelolaan risiko dan data finansial,” katanya, dilansir dari laman resmi ITS, Jumat (22/4/2022).

Terkait dengan kurikulum, Kepala Departemen Statistika ITS, Dr Dra Kartika Fithriasari menjelaskan di dalam Departemen Statistika terdapat lima bidang, yaitu komputasi, bisnis dan industri, ekonomi dan finansial, sosial dan kependudukan, serta lingkungan dan kesehatan. Sedangkan Departemen Sains Aktuaria memiliki tiga bidang peminatan. Bidang peminatan tersebut yakni aktuaria bencana, aktuaria kelautan, dan aktuaria syariah.

Jupri melanjutkan, secara keprofesian pun keduanya berbeda meskipun terdapat interseksi. Untuk peluang kerja, Jupri merasa belajar menjadi seorang aktuaris bukanlah sesuatu yang riskan mengingat kebutuhan aktuaris di Indonesia sangat besar dan jumlahnya masih minim. “Begitu pula statistika, prospeknya juga cukup luas bisa menempatkan diri di segala bidang baik pemerintahan, pendidikan, penelitian, dan lainnya,” ungkap alumnus Matematika ITS ini.

Baca juga: Update 5 Teratas Sekolah Kedinasan dengan Pelamar Terbanyak, Adakah Pilihanmu?

Mengingat bahwa Departemen Sains Aktuaria masih tergolong sebagai jurusan baru, departemen ini belum termasuk kategori sangat baik atau unggul. Berbeda dengan Departemen Statistika yang sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan telah diakui secara internasional dengan diraihnya akreditasi internasional dari lembaga ASIIN Jerman serta sertifikasi internasional Asean University Network – Quality Assurance (AUN-QA).

Jupri juga menyampaikan, kesempatan sangat terbuka lebar untuk calon mahasiswa baru yang tertarik untuk mengambil bidang studi statistika ataupun aktuaria ITS. Menurutnya, Statistika sangat cocok untuk siapapun yang senang dengan matematika, statistika, dan komputer. Sedangkan aktuaria cocok untuk siapapun yang senang dengan matematika, statistika, dan ekonomi. “Selain itu, tergantung konsistensi belajar dari masing-masing individunya juga,” pungkasnya.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3310 seconds (0.1#10.140)