Mahasiswa UNS Bagikan Kiat untuk Siap Hadapi UTBK

Selasa, 26 April 2022 - 20:47 WIB
loading...
Mahasiswa UNS Bagikan Kiat untuk Siap Hadapi UTBK
Mahasiswa UNS Bagikan Kiat untuk Siap Hadapi UTBK. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Sejak 2019, SBMPTN memberlakukan aturan UTBK. Hasil UTBK akan menentukan diterima atau tidaknya calon mahasiswa. UTBK diselenggarakan secara langsung oleh LTMPT sebagai satu-satunya lembaga penyelenggara tes perguruan tinggi terstandar di Indonesia.

Tahun ini, pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK SBMPTN) dibedakan menjadi dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan tanggal 17—23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua akan digelar pada 28 Mei—3 Juni 2022. Dengan demikian, kurang dari sebulan lagi calon mahasiswa harus menghadapi UTBK SBMPTN. Lantas apa yang harus dilakukan?

UPT Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengadakan siaran langsung di Instagram untuk membahas hal ini. Acara yang dinamakan Bincang Sapa UNS BISA! kali ini mengangkat tema “Pengalaman Persiapan UTBK SBMPTN”.

Baca: Daftar 59 Kampus yang Menerima Mahasiswa Baru Jalur UM PTKIN 2022

Ada tiga narasumber yang dihadirkan yakni Ivan Pratama, H.M. (mahasiswa Prodi Arsitektur, Fakultas Teknis UNS), Birgita Tessa C. (mahasiswa Prodi Agroteknologi, Fakultas Pertanian UNS), dan Vicky Ilham Rizqia (Mahasiswa Prodi Kedokteran, Fakultas Kedokteran UNS). Ketiga narasumber tersebut membagikan pengalaman mereka dalam mempersiapkan UTBK SBMPTN.

Ivan mengatakan, dirinya mempersiapkan UTBK dengan berlatih berbagai macam soal yang ada. Selain itu, dia juga mengikuti bimbingan belajar secara intensif menjelang UTBK. Birgita juga mengamini hal tersebut. Dirinya berlatih banyak soal untuk pembiasaan diri. Birgita juga sering mengikuti Try Out (TO).

Sementara itu, Vicky memilih untuk mematangkan konsep-konsep dasar terlebih dahulu sebelum berlatih soal. Menurut Vicky, konsep dasar tersebut sangat berguna agar calon mahasiswa dapat menghadapi soal yang beragam.

“Saya mematangkan materi dulu. Saya tipe yang harus memahami konsep dasar dulu. Jadi 30 hari sebelum UTBK itu setidaknya sudah memahami ¾ materi. Terus cari teman buat belajar. Belajar bareng temen yang sportif itu sangat membantu,” ujarnya, dilansir dari laman resmi UNS, Selasa (26/4/2022).

Baca juga: UM PTKIN 2022 Telah Dibuka, Perhatikan Ketentuan Ujiannya

Jangan Forsir Diri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)