Calon Mahasiswa, Ini Jurusan yang Jadi Langganan Saat Tes CPNS

Rabu, 04 Mei 2022 - 14:02 WIB
loading...
Calon Mahasiswa, Ini Jurusan yang Jadi Langganan Saat Tes CPNS
4 jurusan yang jadi langganan saat tes cpns. Foto/Ilustrasi/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Tidak dapat dipungkiri menjadi Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) masih menjadi dambaan masyarakat. Berikut ini sederet jurusan kuliah yang biasanya selalu dibutuhkan saat pendaftaran Calon PNS (CPNS) oleh pemerintah.

Menjadi PNS menjadi idaman karena memiliki beberapa keunggulan. Misalnya saja ada gaji pokok dan tunjangan yang akan diberikan sesuai tugas dan jabatannya oleh pemerintah.

Adanya jenjang karier yang jelas juga menjadi salah satu alasan masyarakat ingin menjadi PNS. Selain itu, di saat pegawai swasta terkena PHK ketika perusahaan menghadapi situasi keuangan yang sulit maka para PNS pun tidak perlu khawatir terkena PHK.

Baca: Pendaftaran Taruna Akmil 2022 Masih Dibuka, Terakhir 16 Mei

Oleh karena itu, bagi kalian calon mahasiswa baru yang tertarik bekerja menjadi PNS, simak beberapa jurusan di perguruan tinggi ini yang biasanya cenderung dibutuhkan saat tes CPNS dikutip dari laman Aku Pintar berikut ini.

1. Pendidikan

Rekrutmen CPNS hampir selalu membuka formasi tenaga pendidik (guru dan dosen). Jurusan kuliah yang cepat jadi PNS antara lain Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Bahasa Inggris, dan lain-lain.

2. Kesehatan

Di bidang kesehatan, beberapa jurusan CPNS yang dibutuhkan biasanya adalah Pendidikan Dokter, Keperawatan, dan Farmasi. Formasi dokter, perawat, apoteker, maupun tenaga teknis lain di bidang kesehatan dibutuhkan guna mendukung pembangunan nasional dan daerah.

Baca juga: Sederet Universitas dengan Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Indonesia, Cek Daftarnya

3. Teknologi Informasi

Integrasi teknologi dan digitalisasi di berbagai bidang membutuhkan tenaga-tenaga yang melek Teknologi Informasi. Untuk itu, jurusan-jurusan seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, maupun Ilmu Komputer akan dibutuhkan di pemerintahan.

4. Hukum

Sarjana Hukum dibutuhkan di berbagai instansi yang berkaitan dengan bidang hukum seperti Kejaksaan atau Kehakiman.
(nz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)