5 Masjid di Indonesia dengan Gaya Arsitektur Unik, Siswa Perlu Tahu

Rabu, 04 Mei 2022 - 18:19 WIB
loading...
5 Masjid di Indonesia dengan Gaya Arsitektur Unik, Siswa Perlu Tahu
Masjid Raya Sumatra Barat. Foto/Dok/SINDOnews/Arif Julianto.
A A A
JAKARTA - Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas masyarakatnya yang menganut agama Islam . Bagi para umat muslim, masjid menjadi bangunan yang cukup krusial karena digunakan sebagai tempat peribadatan dan sebagainya.

Namun selain menjadi tempat ibadah, masjid juga bisa menjadi destinasi wisata turis dengan kearifan lokal serta keunikannya tersendiri. Tak sedikit masjid di Tanah Air yang memiliki gaya bangunan arsitektur yang unik nan menarik.

Kira-kira masjid mana saja yang memiliki keunikan pada gaya arsitekturnya? Ini deretan masjid tersebut yang siswa juga perlu ketahui dikutip dari laman Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kemendikbudristek berikut ini.

Baca: Penerimaan Maba ITS, Ini Jalur Yang Masih Buka Pendaftaran

1. Masjid Raya Sumatra Barat (Padang, Sumatra Barat)

Masjid Raya Sumatra Barat terletak di ibukota provinsi Sumatra Barat, yakni Padang. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang. Hal yang membuat masjid ini unik adalah gaya arsitekturnya yang sangat mencirikan kearifan lokal arsitektur Sumatra Barat, yaitu Rumah Gadang.

Selain kubah masjidnya yang berbentuk layaknya Rumah Gadang, terdapat empat sudut lancip di atap masjid dengan bangunannya yang berbentuk gonjong. Ditambah lagi, ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding bagian luar yang menyempurnakan keseluruhan arsitektur masjid.

2. Masjid Agung An Nur (Pekanbaru, Riau)

Masih dari pulau yang sama seperti Masjid Raya Sumatra Barat, Masjid Agung An Nur berada di kota Pekanbaru provinsi Riau. Kalian akan langsung mengetahui ke mana gaya arsitektur masjid ini berkiblat. Dari gaya bangunannya, Masjid An Nur mengadopsi desain arsitektur Taj Mahal di India.

Tak hanya itu, sentuhan Melayu yang kental juga bisa dirasakan berkat pemilihan warna hijau yang mendominasi bangunan masjid dan motif kubah serupa kain hias berlapis warna emas dalam songket Melayu. Selain itu, pengunjung juga akan dibuat terkesima dengan kehadiran beranda dalam masjid, seperti yang biasanya menjadi salah satu ciri khas rumah panggung ala Melayu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5711 seconds (0.1#10.140)