Unkris-Kemenpora Gelar InspiraTalk Dorong Mahasiswa Jadi Generasi Berkualitas

Senin, 16 Mei 2022 - 11:31 WIB
loading...
Unkris-Kemenpora Gelar InspiraTalk Dorong Mahasiswa Jadi Generasi Berkualitas
Ki-ka: Ketua LPKK Susetya Herawati, Ketua BEM FH Unkris, Rektor Unkris Ayub Muktiono, Founder Duta Inspirasi Safhira, dan Warek 3 Parbuntian Sinaga. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Universitas Krisnadwipayana ( Unkris ) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Duta Inspirasi Indonesia gelar kegiatan InspiraTalk, Minggu (15/5).

Kegiatan ini diikuti 68 Duta Inspirasi dari 34 provinsi dan mahasiswa dari Unkris, UIN Banten, UIN Bandung, Universitas Lampung, Universitas Bengkulu, UIN Jakarta dan Universitas Indonesia (UI).

Baca juga: Jurusan Kuliah yang Kurang Diminati di UI, ITB, dan UGM, Peluang Masuknya Sangat Besar

Kegiatan yang digelar di Kampus Unkris Jatiwaringin, Bekasi, sebagai rangkaian Anniversary Duta Inspirasi ke-1 dengan pemateri antara lain dari platform belajar Ruang Guru, dan Yayasan Duta Inspirasi.

Hadir Rektor Unkris Dr. Ir. Ayub Muktiono, M.SIP, CIQaR, Warek 3 Dr. Parbuntian Sinaga, SH, MH, Ketua LPKK Dr. Susetya Herawati, ST M.Si, Kepala Biro Umum Unkris Dr Abdullah Fathoni, Founder Duta Inspirasi Indonesia Safhira Alfarisi dan Ketua BEM FH Unkris Agung Ijtihadi Wahid.

Rektor Unkris Ayub Muktiono menjelaskan inspirasi menjadi kata kunci penting bagi para pemuda khususnya mahasiswa untuk menjadi generasi berkualitas menyongsong Indonesia Emas 2045.

Baca juga: Hasil Riset Mahasiswa UI Efektif Tekan Angka Kematian Penderita Diabetes

Dengan inspirasi, seorang pemuda akan memiliki kreativitas, mau bekerja keras, tidak takut menghadapi setiap ujian dan pantang menyerah saat menghadapi hambatan atau persoalan. “Pemuda harus mampu membentuk dirinya dengan jati diri bangsa karena tanggungjawab masa depan negeri ini ada di pundak pemuda,” papar Rektor.

Indonesia merdeka, lanjut Rektor juga bermula dari sebuah inspirasi. Yakni inspirasi hidup merdeka dan berdaulat yang lahir dari para pemuda. Mereka bangkit dari keterpurukan selama masa penjajahan Jepang dengan mendirikan organisasi Boedi Oetomo (Budi Utomo) pada 20 Mei 1908 atau 37 tahun sebelum Indonesia merdeka.

Dari organisasi pemuda inilah kemudian lahir peristiwa Sumpah Pemuda pada 1928 yang kemudian mengantarkan Indonesia meraih kemerdekaan dan mendapatkan kedaulatan sejajar dengan negara-negara lain di dunia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2848 seconds (11.252#12.26)