Atasi Panik saat UTBK, Psikolog UNS Sarankan Metode Mindfulness

Senin, 16 Mei 2022 - 20:36 WIB
loading...
Atasi Panik saat UTBK, Psikolog UNS Sarankan Metode Mindfulness
Psikolog UNS sarankan metode mindfulness ketika panik saat UTBK. Foto/mindful.org.
A A A
JAKARTA - Ujian Tertulis Berbasis Komputer ( UTBK ) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) mulai digelar besok pagi, Selasa (17/5/2022). Sejumlah peserta UTBK pun mengaku mulai panik.

Hal tersebut sering mereka ungkapkan di akun-akun media sosial khusus UTBK. Untuk menanggulangi hal tersebut, psikolog dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta memiliki saran jitu.

Dosen Fakultas Psikologi UNS Laelatus Syifa Sari A membeberkan teknik untuk menenangkan diri menuju hari UTBK. Teknik yang disampaikan oleh Laelatus kerap disebut teknik mindfulness.

Baca: Mekanisme Pelaksanaan UTBK 2022, Mulai dari Sampai di Lokasi hingga Ujian Berakhir

Teknik Mindfulness

Laelatus menjelaskan bahwa teknik mindfulness yakni teknik menenangkan diri dengan menyadari sepenuhnya emosi yang dirasakan. Para peserta UTBK diminta untuk menarik napas dalam-dalam dan menyadari jika dirinya sedang deg-degan atau grogi.

“Mindfulness itu dengan menyadari diri kita. Kita cukup menyadari apa yang kita rasakan, nggak perlu kita harus begini begitu, tapi cukup kaya oke saya deg-degan, napas saya terengah-engah, lalu kita duduk dengan nyaman, kemudian atur napas,” jelasnya, melansir laman resmi UNS, Senin (16/5/2022).

Setelah menyadari apa yang sedang dirasakan, langkah yang harus dilakukan yakni mengatur napas. Napas dikendalikan supaya tidak terburu-buru. Pertama, ambil napas secara mendalam dari hidung selama tiga detik. Setelah itu, embuskan napas selama tiga detik pula. Pengaturan napas tersebut dapat membuat detak jantung kembali normal.

Kendati demikian, saat melakukan teknik pernapasan tersebut harus tetap fokus. Pelaku harus sadar dan tidak boleh melamun.

“Harus sadar, tidak bisa melamun. Jadi semuanya modelnya itu saya menerima apa pun emosi yang muncul dari tubuh saya. Menerima itu akan membuat perubahan,” imbuhnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1689 seconds (11.252#12.26)