Kominfo Resmikan Beasiswa Digital Talent dan Digital Leadership 2022, Buruan Daftar

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:05 WIB
loading...
Kominfo Resmikan Beasiswa Digital Talent dan Digital Leadership 2022, Buruan Daftar
Kemenkominfo resmi membuka program beasiswa Digital Talent Scholarship dan Digital Leadership Academy untuk tahun 2022. Foto/Dok/Kominfo
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) resmi membuka program beasiswa Digital Talent Scholarship dan Digital Leadership Academy untuk tahun 2022. Kedua beasiswa ini terbuka bagi masyarakat umum dan gratis.

"Intensifikasi transformasi digital berimplikasi pada meningkatnya kebutuhan akan talenta digital. Talenta-talenta digital ini lah yang akan menjadi navigator utama penggerak ekosistem digital," kata Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, dalam video sambutan pada acara The National Digital Talent Program, Selasa (17/5/2022).



Digital Talent Scholarship dan Digital Leadership Academy merupakan program reguler Kementerian Kominfo sejak beberapa tahun belakangan. Tahun ini, kementerian tersebut membuka kuota 200.000 peserta untuk pelatihan teknis antara lain bidang komputasi awan, kecerdasan buatan mahadata dan keamanan siber.

Untuk tahun ini, DTS terdiri dari tujuh akademi yaitu Vocational School Graduate Academy, Government Transformation Academy, Digital Entrepreneurship Academy, Professional Academy. Thematic Academy, Fresh Graduate Academy dan Talent Scouting.

Sementara program Digital Leadershp Academy, dibuka untuk para pengambil kebijakan digital baik di sektor pemerintah maupun swasta. Kominfo memberikan kuota 550 kursi untuk tahun ini.



Seperti program sebelumnya, Digital Leadership Academy tahun ini bekerja sama dengan delapan universitas mancanegara, beberapa di antaranya adalah Tsinghua University, Harvard Kennedy School, Oxford University dan National University of Singapore.

Program beasiswa ini dibuat untuk mencetak talenta digital Indonesia karena terdapat kesenjangan antara ketersediaan talenta dengan kebutuhan, baik secara nasional maupun kawasan Asia Pasifik.

Pada tingkat nasional, Kominfo menemukan setidaknya 50 persen talenta memiliki keterampilan digital tingkat dasar dan menengah. Talenta digital yang memiliki kemampuan tingkat lanjutan berjumlah kurang dari 1 persen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2326 seconds (0.1#10.140)