Evaluasi UTBK Gelombang I di Unesa, Ada yang Batal Ujian karena Telat

Rabu, 25 Mei 2022 - 09:05 WIB
loading...
Evaluasi UTBK Gelombang I di Unesa, Ada yang Batal Ujian karena Telat
Suasana UTBK 2022 di Unesa. Foto/Tangkap layar laman Unesa
A A A
JAKARTA - Ujian Tulis Berbasis Komputer ( UTBK ) gelombang pertama yang dimulai 17 Mei 2022 berakhir pada Senin, 23 Mei 2022. Berdasarkan evaluasi Satuan Admisi Universitas Negeri Surabaya ( Unesa ), selama pelaksanaan UTBK di Unesa terdapat beberapa kejadian peserta yang kadang bisa bikin tersenyum dan mengerutkan dahi.

Mulai dari peserta yang terlambat hingga ada yang keliru tanggal.

1. Terlambat, Ujian Batal

Ketua Satuan Admisi Unesa, Dr. Sukarmin menjelaskan bahwa pada sesi pertama ada satu peserta asal Bojonegoro yang terlambat melebihi waktu yang ditentukan dan terpaksa tidak bisa mengikuti ujian. Peserta tersebut menginap di salah satu penginapan di kawasan Gubeng. Alasannya terlambat karena paginya merasa kurang sehat.

Peserta yang tidak disebutkan namanya itu bertolak dari penginapannya di kawasan Gubeng sekitar pukul 06.30 dan tiba di lokasi ujian sekitar pukul 07.28, sementara batas keterlambatan sampai pukul 07.15.

Baca: Ini Skor Nilai UTBK ITB yang Harus Dicapai untuk Lolos SBMPTN 2022

“Toleransi keterlambatan peserta yaitu 30 menit. Itu dihitung mulai 06.45 hingga 07.15. Sesuai ketentuan dari pusat, peserta yang terlambat lebih dari waktu toleransi tidak bisa mengikuti ujian,” paparnya, dilansir dari laman Unesa, Rabu (25/2/2022).

Dari kasus tersebut, peserta pada sesi dan gelombang berikutnya harus hadir lebih awal di lokasi ujian. Pastikan lokasi ujiannya di kampus mana, ketahui jarak tempuh dan tentukan transportasi ke lokasi. “Meski tesnya di Unesa, tetapi lokasi ujiannya tidak berdekatan. Jarak kampus Ketintang dan Lidah Wetan itu cukup jauh, begitupun dengan lokasi ujian di kampus mitra,” pesannya.

2. Keliru Tanggal

Selain itu, juga ada peserta yang datang ujian di tanggal yang salah. Peserta yang akan mengikuti tes kelompok Saintek itu harusnya mengikuti tes pada sesi ke-9 (sesi pagi), Sabtu, 21 Mei 2022. Namun, dia malah datang mengikuti tes pada Minggu, 22 Mei 2022. Ini terjadi karena peserta keliru melihat jadwal atau tidak memastikan kembali tanggal ujian yang tertera di kartu peserta tesnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6541 seconds (0.1#10.140)