5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Luas di Industri Kreatif

Rabu, 25 Mei 2022 - 14:24 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah dengan Peluang Kerja Luas di Industri Kreatif
5 jurusan kuliah dengan peluang kerja luas di industri kreatif. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Industri kreatif menjadi satu di antara bidang industri yang mengandalkan keterampilan, talenta, dan unsur-unsur kreativitas. Buat kalian yang memiliki jiwa seni dan kreativitas tinggi, berkuliah di jurusan kuliah industri kreatif bisa menjadi pilihan tepat.

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang saat ini kembali ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah membagi industri kreatif ke dalam 16 subsektor. Cakupan subsektor tersebut meliputi desain interior, arsitektur, desain komunikasi visual, desain produk, pengembang permainan, film, animasi, fotografi, video, fashion, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi, dan radio.

Bagi kalian calon mahasiswa baru yang ingin bekerja di industri kreatif, berikut ini jurusan kuliah yang bisa dipilih ketika mendaftar ke perguruan tinggi, dikutip dari laman GoKampus.

Baca: Mendikbudristek Sebut Komunitas Merdeka Belajar Berperan Besar dalam Transformasi Sistem Pendidikan

1. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Lulusan jurusan yang sering disingkat jadi DKV ini punya peluang kerja yang luas di industri kreatif, mulai dari agensi perikanan, pengembang web, start-up, konsultan bahkan bisa bekerja mandiri sebagai pekerja lepas (freelancer).

Kalian akan mempelajari cara menyampaikan pesan dan mempersuasi penerima pesan dengan menggunakan bahasa rupa (desain) jika mengambil jurusan ini. Hal ini adalah salah satu faktor yang paling penting dalam industri kreatif.

Seperti namanya, kalian akan mempelajari gabungan antara komunikasi dengan unsur visual melalui estetika desain. Mahasiswa akan bisa menciptakan karya, seperti poster, logo, ilustrasi, fotografi, videografi, animasi, desain web dan sebagainya. Tentu saja, saat mengambil jurusan DKV, kalian akan melakukan praktik.

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan yang satu ini sangat erat kaitannya dengan industri kreatif. Mahasiswa nantinya akan mempelajari berbagai aspek komunikasi, seperti public speaking, menulis berita, teknik wawancara, fotografi, membuat iklan, film, dan sebagainya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)