Jokowi Tak Tahu Proses RUU Sisdiknas, Ini Respons Pemerhati Pendidikan

Selasa, 31 Mei 2022 - 16:07 WIB
loading...
Jokowi Tak Tahu Proses RUU Sisdiknas, Ini Respons Pemerhati Pendidikan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Baru-baru ini Dewan Pengarah Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) Doni Koesoema A mengklaim, Presiden Jokowi tidak mengetahui adanya proses perubahan RUU Sistem Pendidikan Nasional ( Sisdiknas ). Akibatnya, banyak pertanyaan yang muncul dari berbagai kalangan di masyarakat.

Salah satunya, muncul dari Pemerhati Pendidikan, Indra Charismidiaji. Menurutnya, banyak keganjilan yang terjadi dari ketidaktahuan Jokowi mengenai RUU Sisdiknas yang dinilai sangat penting bagi bangsa dan negara. Terlebih, Jokowi memiliki program yakni Sumber Daya Manusia (SDM) unggul.



"Berarti program pembangunan SDM unggul ini gak digarap dengan serius. Karena kalau kita bicara revisi undang-undang sisdiknas itu adalah pondasi dari pembangunan SDM unggul," Katanya, saat dikonfirmasi SINDOnews, Selasa (31/5/2022).

Lebih lanjut, menurut Indra, ada keganjilan terkait kontroling yang dilakukan oleh pihak Presiden. Karena menurutnya, adanya RUU tersebut adalah bagian dari rancangan yang dinanti-nantikan oleh seluruh jajaran pendidikan di Indonesia.

"Kalau sampai Presiden sendiri gak tahu, hal yang dirancang itu, berarti gak ditungguin dong sama beliau? Nah seperti pembangunan infrastruktur beliau kontrol, kan begitu," jelasnya.



Terlebih, kata Indra, Ia mempertanyakan terkait bagaimana sistem serta koordinasi yang terjadi antara Menteri maupun jajaran pendidikan terkait dengan pihak Presiden.

"Keganjilan berikutnya ya apa benar seorang Menteri gak pernah laporan ke atasannya? Sampai katanya juga gak ada visi menteri kan. Yang ada hanya visi presiden," terangnya.

"Katanya periode kedua ini pembangunan SDM unggul? Masa terkait pendidikan istilahnya gak ditungguin, gak dipastikan koordinasinya baik. Itukan program pertama, kecuali kan kalau di periode pertama wajar kan," ucap Indra menambahkan.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo beraudiensi dengan Aliansi Penyelenggara Pendidikan Indonesia (APPI) perihal carut-marut proses perubahan Undang-Undang Sistem Rancangan Undang-undang (RUU Sisdiknas) di Istana Merdeka, Senin (30/5/2022).

"Kami membicarakan persoalan-persoalan penting dan mendesak terkait masa depan pendidikan nasional, terutama terkait RUU Sisdiknas," kata Dewan Pengarah APPI Doni Koesoema A kepada wartawan, Senin (30/5/2022).

"Yang sangat mengejutkan bagi kami, dalam pertemuan hari ini Presiden menyatakan bahwa beliau tidak tahu ada proses perubahan UU Sisdiknas," tambahnya.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2476 seconds (0.1#10.140)