Dorong Akses Pendidikan Berkualitas, GSM Gelar Program Pendar

Rabu, 01 Juni 2022 - 16:08 WIB
loading...
Dorong Akses Pendidikan Berkualitas, GSM Gelar Program Pendar
Ilustrasi pembelajaran di kelas. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gerakan Sekolah Menyenangkan ( GSM ) menggelar rangkaian kegiatan Pekan Perubahan dari Akar Rumput (Pendar). Adapun tema Pendar kali ini adalah Bangkitnya Sekolah Menyenangkan di Indonesia untuk mendorong adanya akses pendidikan berkualitas di Indonesia.

Pendiri GSM Muhammad Nur Rizal menyampaikan, GSM sebagai gerakan sosial yang bertujuan untuk mentransformasi pendidikan bangsa membuat Program Sekolah Menyenangkan untuk menjadi kultur baru di sekolah.

"Program ini bertujuan utama untuk membuat anak kasmaran dalam belajar sehingga akan tumbuh karakter menjadi pembelajar sepanjang hayat, yang mana merupakan karakter utama yang dibutuhkan di abad-21," katanya melalui keterangan tertulis, Rabu (1/6/2022).

Baca: Pertama di Jabar, SMAN 6 Depok Diresmikan Jadi Sekolah Antikorupsi

Dia menjelaskan, pendekatan untuk menciptakan kultur sekolah disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Sehingga, ujarnya, sekolah dan guru punya ruang untuk mengembangkan dirinya sesuai dengan pilihan yang ada.

Nur Rizal menjelaskan, di dalam pengembangannya, Gerakan Sekolah Menyenangkan akan mendorong sekolah memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang dimiliki sehingga lebih efisien dan tidak boros.

Di dalam pelaksanaannya, Gerakan Sekolah Menyenangkan mendorong sekolah untuk membangun komunitas yang setara dan mandiri untuk bertransformasi bersama menuju Sekolah Menyenangkan sehingga tidak diperlukan proses seleksi dalam rekrutmennya.

Untuk itu, Gerakan Sekolah Menyenangkan menyelenggarakan rangkaian kegiatan Pendar, Pekan Perubahan dari Akar Rumput, yang terdiri dari berbagai kegiatan seperti Ng(k)aji Pendidikan, Komunitas Berbagi secara mandiri, dan Symposium para Penyimpang Positif guru perwakilan beberapa daerah di Indonesia.

Komunitas Berbagi yang diselenggarakan selama sebulan memberikan ruang bagi semua guru untuk bisa berkolaborasi webinar daring dengan dosen, widyaiswara, kepala sekolah, dan pengawas untuk berbagi segala hal tentang pendidikan yang menyenangkan.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Kemendikbudristek Tegaskan Semangat Gotong Royong Demi Pemulihan Pendidikan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2258 seconds (0.1#10.140)