IPB University Siapkan Prodi Baru Sarjana Sains Biomedis

Kamis, 02 Juni 2022 - 17:00 WIB
loading...
IPB University Siapkan Prodi Baru Sarjana Sains Biomedis
IPB University. Foto/Dok/IPB University
A A A
JAKARTA - IPB University tengah mempersiapkan program studi (prodi) baru jenjang sarjana yakni prodi Sains Biomedis. Jurusan terbaru ini nantinya akan menyediakan beragam mata kuliah pilihan yang sesuai minat mahasiswa.

Persiapan prodi baru ini salah satunya dilakukan melalui lokakarya internal yang telah digelar Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB) IPB University. Lokakarya internal ini membahas struktur kurikulum dari program studi (prodi) baru yang akan dibentuk, yakni Program Sarjana Sains Biomedis.

Lokakarya internal ini dihadiri lebih dari dua pertiga dari total dosen yang ada di SKHB. Pembukaan Prodi Sarjana Sains Biomedis merupakan salah satu rangkaian dari proses transformasi Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) menjadi Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis (SKHB).

Prof Ni Wayan Kurniani Karja, Wakil Dekan bidang Akademik dan Kemahasiswaan SKHB IPB University menyampaikan terima kasih kepada tim penyusun.

Baca: Jurusan Sepi Peminat di Unpad, Bisa Jadi Referensi Calon Mahasiswa

"Silakan bapak dan ibu yang hadir dapat memberi masukan, sehingga rancangan kurikulum ini akan semakin baik. Kurikulum merupakan salah satu persyaratan penting untuk pembukaan Prodi Sarjana Sains Biomedis. Harapannya, Prodi Sarjana Sains Biomedis bisa kita buka di tahun ajaran 2023-2024,” ungkapnya, melalui siaran pers, Kamis (2/6/2022)

Rancangan kurikulum calon prodi baru ini dipaparkan oleh Prof Tutik Wresdiyati.

"Kurikulum Prodi Sarjana Sains Biomedis dirancang berbeda dengan Prodi Sarjana Kedokteran Hewan yang sudah ada. Ada 10 mata kuliah unggulan, serta pada semester 6 disediakan mata kuliah yang bisa diambil sebagai mata kuliah MBKM (Merdeka Belajar, Kampus Merdeka). Mata kuliah MBKM ini akan terkoneksi dengan industri-industri di bidang biomedis," paparnya.

Prof Tutik juga menyampaikan bahwa Prodi Sains Biomedis ini juga menyediakan berbagai mata kuliah pilihan yang dapat diambil oleh mahasiswa sesuai minat masing-masing mahasiswa.

Baca juga: Mahasiswa UI Raih Emas Catur SEA Games 2022, Ini Strategi Medina

Diskusi dipimpin oleh Dr Yusuf Ridwan, Ketua Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner SKHB IPB University. Banyak sekali masukan yang disampaikan oleh para dosen yang hadir.

Masukan di antaranya tentang visi misi, profil lulusan, struktur kurikulum dan mata kuliah, serta hal-hal umum terkait kekuatan dan pembeda dari prodi ini dengan prodi lain yang sejenis
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2121 seconds (0.1#10.140)