Jurusan Soshum Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi, Tertarik?

Jum'at, 03 Juni 2022 - 18:55 WIB
loading...
Jurusan Soshum Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Tinggi, Tertarik?
Jurusan akuntansi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah favorit seperti kedokteran, komunikasi, ekonomi dan juga teknik telah menjadi incaran lulusan calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Padahal tingkat persaingan yang ketat menyebabkan banyak siswa yang terdepak dari seleksi di jalur favorit itu.

Di sisi lain ada jurusan kuliah yang jarang diketahui calon mahasiswa dan sepi peminat, namun memiliki peluang kerja besar. Dalam memilih program studi di perguruan tinggi calon mahasiswa perlu menerapkan strategi karena mereka akan berhadapan dengan ribuan pesaing.



Sudah banyak informasi mengenai mana program studi yang menjadi favorit setiap tahunnya. Ada pula jurusan yang tingkat keketatannya rendah dan sepi peminat di sejumlah perguruan tinggi.

Melansir laman Ruang Guru, ternyata banyak jurusan di perguruan tinggi yang masih asing di telinga masyarakat namun prospek kerja setelah mahasiswa lulus itu sangat luas di berbagai bidang.



Berikut ini 7 referensinya yang bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memilih jurusan Soshum di perguruan tinggi nanti.

1. Jurusan Antropologi Sosial

Jurusan Antropologi Sosial memiliki ilmu yang cukup unik dan menarik untuk dipelajari. Yaitu hubungan antara masyarakat dalam suatu kelompok dan budaya etnis, mulai dari perilakunya, budaya, dan keanekaragamannya. Jurusan ini cocok untuk yang suka dengan budaya dan hubungan antar manusia.

Lulusan dari jurusan ini banyak dicari lembaga dan instansi negara di bidang ilmu budaya. Misalnya bisa menjadi peneliti, antropolog, pengajar, wartawan PNS, konsultan, budayawan, HRD, dan masih banyak lagi. Beberapa universitas yang membuka jurusan ini antara lain UI, UGM, UNAIR, Unpad, Undip dan Unibraw.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2109 seconds (0.1#10.140)