Pertama Partisipasi, Unesa Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Versi THE AUR 2022

Sabtu, 04 Juni 2022 - 11:30 WIB
loading...
Pertama Partisipasi, Unesa Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Versi THE AUR 2022
Unesa Masuk 20 Besar Universitas Terbaik Versi THE AUR 2022. Foto/Tangkap layar laman Unesa.
A A A
JAKARTA - Pertama mengikuti Times Higher Education Asia University Ranking (THE AUR), Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil masuk deretan universitas terbaik . Unesa menduduki peringkat 750 se-Asia dan peringkat 16 nasional. THE AUR sendiri telah mengumumkan hasil pemeringkatannya langsung dari Jepang beberapa hari lalu.

Ketua Satuan Klasterisasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi Unesa , Nadi Suprapto menjelaskan bahwa untuk level Asia, ada 829 institusi yang terlibat dan Unesa berhasil menduduki peringkat ke-750 dengan status reporter. Sementara untuk skala nasional, Unesa meraih peringkat ke-16 dari 19 institusi dengan status reporter.

“Status reporter maksudnya publikasi Unesa belum mencapai threshold atau ambang batas ketentuan khususnya tahun 2016. Aturan dari THE, jumlah publikasi untuk 5 tahun terakhir yang dinilai adalah minimal 1.000 dokumen dengan minimal pertahunnya 150 dokumen. Namun untuk THE 2023, kita sudah memenuhi kriteria tersebut, sehingga status Unesa tahun 2023 tentu meningkat,” paparnya, dilansir dari laman Unesa, Sabtu (4/6/2022).

Baca: UNS Masuk Deretan Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE AUR 2022

Nadi menambahkan, capaian tersebut merupakan cerminan dari kerja Unesa di mata publik dalam lingkup nasional maupun internasional. “Ini merupakan wujud kerja sama kita bersama dalam membawa Unesa menjadi kampus yang maju dan unggul serta memiliki reputasi internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unesa Prof. Nurhasan menyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran yang perlahan tetapi pasti membawa Unesa menjadi salah satu kampus unggul dan maju dalam mendidik generasi bangsa yang adaptif, inovatif dan berdaya saing global.

“Ini luar biasa, pertama ikut kita sudah masuk 20 besar kampus tanah air yang diakui reputasinya. Sebelumnya juga kita peringkat 14 nasional dalam THE-SDGs Impact Rankings 2022. Kemudian dalam THE-WUR, Unesa di posisi 18 nasional. Ini harus jadi motivasi buat kita semua untuk menunjukkan kinerja yang lebih bagus dan cetar lagi ke depan,” tandas Cak Hasan.

Baca juga: UI Tempati Posisi Teratas di Indonesia pada THE Asia University Rankings 2022

“Inovasi harus kita tingkatkan, kolaborasi dengan berbagai kampus atau lembaga dunia harus kita perbanyak lagi dan riset-riset serta publikasi di jurnal bereputasi internasional harus ditingkatkan lagi. Tentu jangan berharap ranking belaka, tetapi inovasi dan kreasi kita di perguruan tinggi bisa memberi manfaat bagi masyarakat dan bangsa,” tandasnya lagi.

Sebagai informasi, adapun kampus yang masuk 19 besar nasional versi THE AUR 2022 yaitu, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Gadjah Mada, Universitas Hasanuddin, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sebelas Maret, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Padjadjaran, Universitas Bakrie, Unesa, Universitas Kristen Satya Wacana, Universitas Sumatra Utara, dan Universitas Negeri Yogyakarta
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2252 seconds (0.1#10.140)