IISMA 2022, UNS Kirim 23 Mahasiswa Terbaiknya Belajar ke Luar Negeri

Rabu, 08 Juni 2022 - 16:02 WIB
loading...
IISMA 2022, UNS Kirim 23 Mahasiswa Terbaiknya Belajar ke Luar Negeri
UNS mengirimkan 23 mahasiswa ke luar negeri melalui IISMA 2022. Foto/Tangkap layar laman UNS.
A A A
JAKARTA - 23 mahasiswa Universitas Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta lolos dalam program Indonesian International Student Mobility Awards ( IISMA ) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Para mahasiswa tersebut akan melakukan studi selama satu semester di perguruan tinggi di berbagai negara.

Rektor UNS, Prof. Jamal Wiwoho mengapresiasi atas capaian mahasiswa UNS yang berhasil lolos dalam program IISMA 2022 ini. “Saya sangat bangga karena 23 mahasiswa UNS bisa dikirim ke universitas-universitas terbaik di dunia. Saya berharap kalian bisa memanfaatkan waktu di luar negeri untuk bisa menambah kekayaan pengetahuan dan wawasan,” katanya, dilansir dari laman UNS, Rabu (8/6/2022).

Baca: Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Raih Emas Ajang Esai Inovasi Asia Tenggara

Pesan senada juga disampaikan Wakil Rektor Perencanaan, Kerjasama, Bisnis dan Informasi UNS, Prof. Sajidan. Ia berpesan kepada 23 mahasiswa tersebut agar senantiasa menjaga nama baik almamater.

“Kalian adalah duta UNS di negara asing, senantiasa belajar dan bekerja keras agar program tersebut berjalan dengan baik. Selain belajar ilmu pengetahuan, kalian juga bisa belajar bagaimana kebudayaan di sana. Bisa dipelajari budaya kerja di negara-negara maju sehingga hal-hal yang baik bisa dibawa pulang untuk meningkatkan kinerja institusi dan individu,” harap Prof. Sajidan.

Kepala UPT Kerjasama dan Layanan Internasional UNS Rino Ardhian mengatakan bahwa terdapat peningkatan jumlah pendaftar pada IISMA 2022 ini.

“Tahun ini, UNS berhasil mengirimkan lebih dari 20 mahasiswa, angka yang cukup baik. Sebaran universitasnya juga beragam, ada yang di Amerika, Chili, Eropa, Inggris, Hungaria, dan ada juga yang di Asia. Selamat bagi mahasiswa yang terpilih, semoga bisa membawa nama baik UNS,” tuturnya.

Baca juga: Jurusan Paling Diminati di UNY, Didaftar Ribuan Orang, Ditampung Cuma Puluhan

Selain jumlah mahasiswa yang lolos mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, antusiasme pendaftar juga meningkat cukup signifikan. Pada IISMA 2021, total pendaftar hanya sekitar 60 mahasiswa, tetapi tahun ini mencapai 100 lebih pendaftar dan mulai tersebar di seluruh fakultas.

Meski demikian, daya persaingan di tingkat nasional juga semakin ketat karena pendaftar dari universitas lain dapat mencapai beberapa kali lipat lebih banyak dari UNS.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1780 seconds (11.210#12.26)