UI Sumbangkan Bus Listrik Hasil Inovasi untuk Dukung Presidensi G20

Minggu, 12 Juni 2022 - 10:51 WIB
loading...
UI Sumbangkan Bus Listrik Hasil Inovasi untuk Dukung Presidensi G20
UI menyerahkan secara simbolis bus listrik hasil rancangan dan produksi anak bangsa kepada Pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) menyerahkan secara simbolis bus listrik hasil rancangan dan produksi anak bangsa kepada Pemerintah untuk mendukung penyelenggaraan Presidensi G20.

Bus listrik yang diserahkan merupakan satu-satunya di Indonesia yang dirancang oleh para ahli UI dan dibangun oleh perusahaan-perusahaan dalam negeri.

Baca juga: Melesat, ITB Masuk Peringkat 235 Dunia versi QS World University Ranking 2023

Sparepart yang dirancang bangun di antaranya, platform chassis-nya, sistem penggerak, sistem rem, sistem kendali, inverter, dashboard, dan sistem pendinginnya (air conditioning).

Dengan demikian, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) bus ini adalah yang tertinggi di Indonesia untuk kelas bus berukuran besar, yaitu ukuran panjang 12 meter dan bobot maksimal 16 ton.

Bus listrik tersebut dapat terwujud berkat dukungan Pemerintah melalui Lembaga Pengembangan Dana Pendidikan (LPDP) yang menginvestasikan dana pengembangan sebesar Rp12,65 miliar untuk pengembangan platform bus listrik dan Rp5 miliar untuk pengembangan sistem penggerak (motor listrik) oleh UI.

Baca juga: Universitas Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2023, Ini Daftar Lengkapnya

Saat ini, kegiatan pengembangan telah sepenuhnya selesai dan UI melalui mitra PT Mobil Anak Bangsa (MAB) telah siap mengkomersialkan hasil penelitian berupa bus listrik.

Bus yang diserahkan juga telah siap melalui uji tipe sertifikasi oleh Kementerian Perhubungan. Saat ini, bus listrik UI adalah satu-satunya prototipe bus berukuran besar hasil penelitian universitas di Indonesia yang siap disertifikasi uji tipe, dan setelahnya siap digunakan di jalan raya.

Rektor UI Ari Kuncoro mengatakan, UI berkomitmen mendukung program-program pemerintah dan turut serta hadir memberikan kontribusi dalam gelaran besar G20. Bus listrik hanya salah satu di antara sekian banyak inovasi yang dihasilkan oleh para peneliti UI untuk mendukung pemulihan dan pertumbuhan ekonomi nasional pasca-pandemi Covid-19.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3185 seconds (10.101#12.26)