4 Universitas dengan Jurusan Teknik Nuklir Terbaik, 2 Ada di Yogyakarta

Selasa, 21 Juni 2022 - 11:47 WIB
loading...
4 Universitas dengan Jurusan Teknik Nuklir Terbaik, 2 Ada di Yogyakarta
Jurusan teknik nuklir terbaik salah satunya ada di UGM. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Teknik Nuklir masih terbilang langka. Bahkan di Indonesia baru dua perguruan tinggi yang membukanya. Namun dibalik kelangkaannya ada prospek menjanjikan bagi lulusan jurusan tersebut.

Di Tanah Air, universitas yang membuka jurusan Teknik Nuklir adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) dan satu lagi Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir- Badan Tenaga Nuklir Nasional (STTN-BATAN). Kedua perguruan tinggi yang menyediakan jurusan tenaga nuklir ini berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jurusan Tehnik Nuklir sendiri merupakan ilmu praktis mengenai inti atom yang disarikan dengan prinsip fisika nuklir serta interaksi yang terjadi antara radiasi dan material. Ilmu yang didapat oleh mahasiswa akan menjadi bekal para lulusannya untuk menjadi pakar nuklir unggul yang akan dicari banyak orang.

Lulusan Teknik Nuklir tidak hanya bisa mengabdi di BATAN, Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), perguruan tinggi, ataupun rumah sakit namun juga bisa berkarier menjadi tenaga profesional di lingkungan industri swasta lainnya dengan gaji tinggi.

Baca: Pertama di Indonesia, ITS Buka Prodi Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia

Bagi kalian yang tertarik menjadi mahasiswa jurusan Teknik Nuklir, berikut ini empat universitas di Indonesia dan juga di luar negeri yang menyediakan jurusan tersebut yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas negeri yang berpusat di Yogyakarta ini program studi Teknik Nuklir jenjang S1nya telah memiliki akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Program Studi Sarjana Teknik Nuklir UGM, dikutip dari laman resmi UGM, diselenggarakan untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dalam dasar keteknikan dan teknik nuklir. Bidang keahlian teknik nuklir meliputi:

- Aplikasi teknologi nuklir dalam pembangkitan daya
- Aplikasi radiasi dan radioisotop di industri, dan
- Aplikasi yang mendukung radiologi klinik (radiodiagnostik dan radioterapi).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)