Tak Lolos SBMPTN 2022, Ini Jadwal Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis UNS

Kamis, 23 Juni 2022 - 15:03 WIB
loading...
Tak Lolos SBMPTN 2022, Ini Jadwal Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis UNS
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( LTMPT ) siang ini, Kamis (23/6/) pukul 15.00 WIB akan mengumumkan hasil ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2022.

Calon mahasiswa baru (Camaba) yang tidak lolos UTBK-SBMPTN 2022 jangan khawatir, masih ada beberapa jalur masuk yang bisa dimanfaatkan Camaba ke perguruan tinggi negeri (PTN).



Ada PTN yang Seleksi Mandirinya menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diadakan LTMPT. Di mana, siang ini akan diumumkan secara serentak oleh LTMPT.

Ada juga PTN yang menggunakan prestasi yang dimiliki siswa dan sejumlah jalur lainnya. Namun ada pula perguruan tinggi yang menyelenggarakan ujian tulis secara mandiri.

Salah satu PTN terbaik di Jawa Tengah (Jateng) Universitas Sebelas Maret (UNS) juga membuka sejumlah jalur di Seleksi Mandiri.



Seleksi Mandiri UNS terdiri dari Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU), Seleksi Mandiri Jalur Kemitraan (SMJK), Seleksi Mandiri Jalur Disabilitas (SMJD), dan Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (SMJP).

Melansir dari laman resmi SPMB UNS, Kamis (23/6/2022), Seleksi Mandiri Jalur Ujian (SMJU) UTUL UNS diperuntukkan bagi lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama tiga tahun terakhir.

Jadwal Ujian Tulis UNS 2022

Melalui jalur ini, calon mahasiswa akan diseleksi dengan menggunakan Nilai Ujian Tulis (UTUL) yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS).

Jadwal pelaksanaan Ujian Tulis UNS:

1. Pendaftaran Online: 1-26 Juni 2022.

2. Pembayaran Biaya Pendaftaran: 1-26 Juni 2022.

3. Cetak Kartu Peserta: 20-26 Juni 2022.

4. Simulasi Ujian: 27, 28,29 dan 30 Juni 2022.

5. Ujian: 2, 3, 4 dan 5 Juli 2022.

6. Pengumuman Hasil Seleksi: 8 Juli 2022 akan diumumkan di laman https://spmb.uns.ac.id.

Syarat-syarat pendaftaran jalur Ujian Tulis UNS

Ketentuan umum


1. Warga Negara Indonesia (WNI).

2. Lulusan SMA/MA/SMK atau yang sederajat paling lama 3 (tiga) tahun terakhir.

3. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

4. Mendaftarkan diri sebagai peserta Seleksi Mandiri UNS.

Persyaratan

1. Mengikuti dan memiliki Nilai Ujian Tulis (UTUL) UNS tahun 2022

2. Memiliki prestasi non akademik (jika ada), antara lain:

Sertifikat prestasi kejuaraan bidang penalaran, minat/bakat, keagamaan, dan lainnya pada tingkat propinsi/nasional/ internasional sebagai juara 1, 2, atau 3 yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

Sertifikat Hafidzul Al-Qur’an (minimal 15 Juz) atau hafalan Al-Kitab yang diperoleh selama masa studi di SMA/SMK/MA.

Persyaratan khusus

Peserta yang memilih program studi berikut:

S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi dan S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga memiliki tinggi badan minimal 160 cm bagi putra dan minimal 155 cm bagi putri dan mengunggah portofolio.

S-1 Kriya Seni/Tekstil, S-1 Seni Rupa Murni (Seni Lukis, Grafis, Patung, Keramik), S-1 Desain Interior, S-1 Desain Komunikasi Visual, S-1 Pendidikan Seni Rupa diharuskan mengunggah portofolio.

Peserta yang memilih program studi Kebidanan: putri, memiliki tinggi badan minimal 150 cm.
Instruksi kerja penyusunan portofolio dan template dokumen portofolio.

Bagi peserta yang memilih Program Studi berikut ini, harus mengunggah atau melampirkan Surat Keterangan tidak buta warna (parsial dan/atau total) dari rumah sakit/puskesmas/klinik kesehatan pada saat pemeriksaan berkas setelah dinyatakan diterima.

Demikian informasi seputar Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tulis UNS 2022 yang bisa dimanfaatkan para calon mahasiswa. Kamu juga perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi Ujian Tulis agar bisa mendapatkan hasil terbaik dan lolos di UNS.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1749 seconds (0.1#10.140)