Gagal di SBMPTN Bukan Akhir Segalanya, ITERA Masih Buka Jalur SMMPTN

Sabtu, 25 Juni 2022 - 18:12 WIB
loading...
Gagal di SBMPTN Bukan Akhir Segalanya, ITERA Masih Buka Jalur SMMPTN
ITERA masih membuka pendaftaran jalur SMMPTN Barat. Foto/Humas ITERA.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sumatera ( ITERA ) masih membuka pendaftaran jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat untuk 39 program studi. Sekitar 600 kuota disediakan untuk pendaftar jalur ini.

Pendaftaran SMMPTN Barat sudah dibuka sejak 1 April dan akan ditutup 27 Juni 2022 pukul 16.00. Calon mahasiswa dapat mendaftar melalui laman resmi https://pendaftaran.smmptnbarat.id/ dengan biaya registrasi dan seleksi sebesar Rp 350.000.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru ITERA Dr. Eko Satria menyampaikan jalur mandiri SMMPTN Barat, dapat menjadi alternatif para calon mahasiswa yang belum lolos dalam SNMPTN dan SBMPTN. Eko berharap calon mahasiswa dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk segera melakukan pendaftaran.

Baca: Begini Cara Daftar SBMPN Politeknik 2022, Selamat Mencoba!

Pada saat pendaftaran secara online, peserta yang mengikuti SBMPTN 2022, juga diminta memasukkan nomor tes SBMPTN 2022 pada kolom yang disediakan. Dijelaskan Eko, setiap peserta SMMPTN-Barat 2022 dapat memilih sebanyak–banyaknya 2 pilihan program studi pada satu PTN atau lebih. Peserta juga bisa memilih PTN di luar domisili peserta.

“PTN pilihan pertama tidak harus menjadi lokasi mengikuti ujian tulis. Pada masa pandemi Covid–19 seperti sekarang ini, lokasi ujian dipilih pada lokasi terdekat tempat domisili peserta saat ini,” terang Eko, dilansir dari laman ITERA, Sabtu (25/6/2022).

Jalur mandiri SMMPTN Barat, dapat menjadi alternatif para calon mahasiswa yang belum lolos dalam SNMPTN dan SBMPTN. Eko berharap calon mahasiswa dapat memanfaatkan waktu yang tersisa untuk segera melakukan pendaftaran.

Baca juga: Gagal di SBMPTN 2022? Tenang, Unpad Masih Buka Jalur Mandiri

Eko menambahkan, terkait biaya kuliah, calon mahasiswa yang diterima melalui jalur SMMPTN Barat, akan dikenai UKT maksimal yaitu golongan VIII, dan dikenai dana sumbangan pengembangan institusi (SPI) yang besarannya dapat dilihat langsung saat mendaftar, karena masing-masing program studi memiliki besaran SPI yang berbeda. Terkait informasi kuota per program studi, dan besaran UKT calon pendaftar dapat mengakses laman pmb.itera.ac.id.

Sebagai informasi, SMMPTN Barat akan dilaksanakan dalam bentuk ujian tulis berbasis komputer. Adapun jenis ujian pada pelaksanaan SMMPTN–BARAT 2022 dibagi menjadi 2 yaitu kelompok ujian sains dan teknologi (saintek) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris, dan TKA Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi).

Serta kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum) dengan materi ujian TPS, Bahasa Inggris dan TKA Soshum (Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). Pelaksanaan UTBK SMM PTNBARAT dijadwalkan 30 Juni – 14 Juli 2022. Sementara hasil tes akan diumumkan 18 Juli 2022 pukul 16.00 WIB.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1035 seconds (10.55#12.26)