Profil I Made Andi Arsana, Dosen UGM yang Konten Edukatifnya Sering Viral di Instagram dan TikTok

Sabtu, 02 Juli 2022 - 15:21 WIB
loading...
Profil I Made Andi Arsana, Dosen UGM yang Konten Edukatifnya Sering Viral di Instagram dan TikTok
Profil I Made Andi Arsana, Dosen UGM yang konten edukatifnya sering viral di Instagram dan TikTok. Foto/YouTube I Made Andi Arsana.
A A A
JAKARTA - Profil I Made Andi Arsana yang merupakan dosen Teknik Geodesi Universitas Gadjah Mada ( UGM ) menarik untuk diketahui. I Made Andi Arsana memiliki jumlah pengikut yang banyak di Instagram dan TikTok karena konten edukatifnya sering viral di kedua media sosial tersebut.

UGM memiliki sejumlah dosen yang populer di tengah masyarakat. Baik yang telah menjadi pejabat, pengamat, artis, dan tokoh masyarakat lainnya. Salah satu dosen UGM yang populer itu adalah I Made Andi Arsana. Popularitasnya bisa dilihat dari jumlah pengikutnya di Instagram yang kini berjumlah 64 ribu dan TikTok sebanyak 257,9 ribu pengikut.

Baca: 54 Perguruan Tinggi Adu Kehebatan di Kontes Robot Indonesia 2022

Konten edukatifnya sering viral karena memberikan informasi yang menarik dan dibutuhkan oleh lulusan SMA, mahasiswa, hingga dosen. Misalnya saja tips menjadi mahasiswa baru saat pandemi, dia mendorong mahasiswa untuk menciptakan mindset, cari teman yang baik dan jadilah teman baik, kuasai teknologi pembelajaran, dan lainnya.

I Made Andi Arsana juga pernah memberikan tips menjawab pertanyaan saat sidang skripsi. Yakni pertama, ucapkan terima kasih, hindari membantah, menjawab positif meskipun sebenarnya membantah, dan mengatakan tidak tahu tapi dengan cara yang cerdas.

Kepada dosen-dosen muda, dia memberikan tips untuk segera S3 yakni dengan belajar serius menulis ilmiah dan populer serta memublikasikannya, serius belajar story telling dalam presentasi oral maupun tulisan, akrab dengan pemerintah dan swasta/industri/profesi terkait, hingga jangan pernah merasa tua,

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini profil I Made Andi Arsana.

1. Profil dan biodata

- Nama lengkap: I Made Andi Arsana

- Tempat dan tanggal lahir: Tabanan, 12 Mei 1978

- Pendidikan

SD 1 Tegaljadi, Tabanan, Bali, Indonesia
SMP 2 Marga, Bali, Indonesia
SMA 3 Denpasar, Bali, Indonesia
S1 Teknik Geodesi UGM
S2 Surveying and Spatial Information System University of New South Wales Australia
S3 Ocean Affairs and Law of The Sea University of Wollongong, Australia

Baca juga: Beasiswa Jabar Future Leaders Scholarship Dibuka, Ini Link dan Persyaratan Lengkapnya

2. Dosen UGM yang pernah ber IP 1,2

Dalam salah satu unggahan video di TikToknya, dia pernah mengungkapkan bahwa kehidupannya penuh dengan lika liku. Kala SMA, ia dan keluarganya harus bertahan hidup di gubuk tanpa listrik dan harus mandi di sungai.

Selain itu, pada semester 5 dia juga pernah punya IP 1,2 dan mendapat sekian nilai E dalam satu semester. Dia pun merasa terpuruk karena merasa menjadi orang bodoh. Namun pengalaman itu dia jadikan api semangat sehingga bisa sukses seperti saat ini.

3. Aktif menulis di jurnal, media massa dan juga menerbitkan buku

I Made Andi Arsana tidak hanya aktif membagikan konten edukatif di medsos, namun kiprahnya juga bisa dilihat di berbagai publikasi, jurnal ilmiah, hingga media massa. Buku Anak Dusun Keliling Dunia dan juga Rahasia Beasiswa Australia adalah beberapa karyanya yang telah sukses diterbitkan.

4. Mewakili Indonesia di ajang internasional

I Made Andi Arsana juga pernah mewakili Indonesia di lomba internasional Falling Walls tahun 2018 di Berlin. Ia juga pernah berbicara di markas besar PBB di New York pada 2017.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1273 seconds (11.210#12.26)