5 Jurusan Saintek dengan Prospek Kerja Tinggi, Ada Incaranmu?

Selasa, 05 Juli 2022 - 10:45 WIB
loading...
5 Jurusan Saintek dengan Prospek Kerja Tinggi, Ada Incaranmu?
5 jurusan saintek dengan prospek kerja tinggi. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Jurusan saintek dengan prospek kerja tinggi bisa menjadi pilihan bagi anak IPA yang ingin lanjut kuliah. Selain bakat dan minat tentu dalam memilih jurusan harus diselaraskan dengan kebutuhan di dunia kerja dan potensinya di masa depan.

Setelah dinyatakan lulus menjadi siswa putih abu-abu, pasti kalian akan kembali disibukkan dengan masa perkuliahan. Perguruan tinggi dan jurusan apa yang ingin dipilih akan berkecamuk di pikiran karena ini penting sebagai penentu masa depan.

Anak IPS biasanya akan memilih jurusan sosial dan humaniora (soshum) untuk lanjut studi di perguruan tinggi. Begitupula anak IPA akan menentukan jurusan sains dan teknologi (sainstek) yang linier dipelajari selama bangku sekolah.

Bagi yang memilih jurusan saintek, berikut ini lima jurusan saintek dengan prospek kerja tinggi yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca: HUT ke-10 SINDOnews.com, Rektor IPB: Terus Tebarkan Inspirasi dan Semangat

1. Kedokteran

Jurusan Kedokteran tidak pernah kehilangan peminat setiap tahunnya baik di perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Contohnya saja di Universitas Indonesia (UI), pada SBMPTN 2021 jumlah peminat Pendidikan Dokter mencapai 2.750 orang dan kuota pada 2022nya hanya sanggup untuk menampung 54 calon mahasiswa saja.

Jika dihitung dari kuliah, koas, dan internship, setidaknya butuh 7 tahun untuk mahasiswa Kedokteran mengantongi izin praktek atau STR. Namun lamanya kuliah ini akan sebanding dengan gaji. Terlebih bagi kalian yang lanjut menempuh pendidikan dokter spesialis akan bisa menerima gaji puluhan juta perbulan.

2. Farmasi

Masih dari dunia kesehatan, jurusan Farmasi bisa menjadi pilihan bagi kalian yang masih bingung menentukan jurusan kuliah. Ilmu Farmasi yang akan dipelajari mahasiswa terkait erat dengan dunia industri farmasi saat ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1218 seconds (0.1#10.140)