Kisah Inspiratif M Rizal Alumnus Unair Raih Beasiswa LPDP di Cornell University AS

Rabu, 06 Juli 2022 - 14:58 WIB
loading...
Kisah Inspiratif M Rizal Alumnus Unair Raih Beasiswa LPDP di Cornell University AS
Mochamad Rizal, alumnus Unair peraih beasiswa LPDP di Cornell University/Dok. Foto/Dok/Unair
A A A
JAKARTA - Mochammad Rizal adalah seorang Ahli Gizi di Indonesia sekaligus Alumnus S1 Gizi Universitas Airlangga (Unair) 2018. Ia juga dikenal sebagai selebgram yang kerap membagikan konten edukasi gizi di media sosialnya terutama Instagram.

Dikutip dari laman resmi Unair, Rabu (6/7/2022), saat ini ia sedang menempuh pendidikan S2 di Cornel University. Sosok yang dikenal melalui akun Instagaram @Rizalnutritionist ini mendapat beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan RI.



Saat ini ia sedang menjalani pendidikan Master in Nutrional Science dengan spesialisasi Human Nutrition Evidence for Policy Making atau pembuat kebijakan gizi.

Alasan ia mengambil jurusan tersebut karena menurutnya tidak akan berjalan optimal jika edukasi saja tanpa dukungan kebijakan.

"Semua harus jalan bareng-bareng dan punya visi yang sama buat nyelesain masalah gizi di Indonesia, termasuk kegemukan dan obesitas," kata Rizal seperti dikutip dari akun sosial medianya.



Awal cerita perjuangan mendapatkan LPDP, ia mengatakan pernah gagal berkali-kali. Dari masa menyiapkan berkas pendaftaran universitas maupun beasiswa.

Selanjutnya ia memutuskan kursus intensif tiga bulan sebelum berangkat ke Amerika Serikat. "Setelah dinyatakan lolos dan diterima pun masih lumayan struggle dan harus beradaptasi dengan berbagai macam perbedaan antara studi di Indonesia dan di USA," ucap pria kelahiran Jombang itu.

Meskipun telah lolos persyaratan bahasa, Rizal belum bisa langsung tune in perkuliahan. Ia harus beradaptasi beberapa bulan agar memahami penjelasan profesor.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1572 seconds (0.1#10.140)