Selamat Berjuang, 32.736 Peserta Ikut Ujian SMUP Sarjana Jalur Mandiri Unpad

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:10 WIB
loading...
Selamat Berjuang, 32.736 Peserta Ikut Ujian SMUP Sarjana Jalur Mandiri Unpad
Rektor Universitas Padjadjaran meninjau pelaksanaan ujian SMUP Sarjana Jalur Mandiri 2022. Foto/Tangkap layar laman Unpad.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 32.736 peserta mengikuti ujian Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP) Sarjana Jalur Mandiri yang digelar secara daring, Kamis (7/7/2022) dan Jumat (8/7/2022). Dalam satu hari, ujian dibagi ke dalam dua sesi. Setiap satu sesi diikuti sekitar 8.000 peserta.

Kepala Kantor SMUP Ir. Anas mengatakan, berdasarkan pemantauan saat ujian SMUP sesi pertama, masih ada peserta yang belum melakukan instalasi aplikasi serta belum mendapatkan informasi mengenai ruangan virtual dari ujian yang bersangkutan. Untuk itu, peserta wajib melihat kembali berbagai peraturan dan ketentuan ujian di laman SMUP.

Baca: Pakar IPB: Masih Sering Keliru, Ini Perbedaan Kambing dan Domba Sebenarnya

“Seluruh informasi sudah ada di website, di situ peserta juga bisa melihat jadwal, kami cantumkan juga link zoom-nya, pedoman instalasi, serta ada nomor helpdesk yang siap membantu,” kata Anas, dikutip dari laman Unpad, Kamis (7/7/2022).

Anas melanjutkan, panita memberikan toleransi bagi peserta yang belum menginstal untuk melakukan instalasi aplikasi sampai 30 menit setelah ujian dimulai. Selain itu, peserta juga dapat menghubungi tim helpdesk apabila memiliki kendala teknis selama ujian berlangsung.

“Kita kasih toleransi hingga 30 menit, dia masih bisa mengikuti ujian yang berlangsung dan tidak ada perpanjangan waktu,” jelas Anas.

Pelaksanaan ujian SMUP kali ini diikuti dua orang peserta difabel. Bagi peserta difabel, pelaksanaan ujian dilakukan secara luring dari kampus Unpad, Jatinangor. Panitia telah menyiapkan tempat dan tim khusus yang siap membantu apabila peserta memerlukan bantuan selama mengikuti ujian.

Baca juga: Mahasiswa UB Teliti Daun Mimba untuk Terapi Kanker Hati

Anas mengingatkan peserta untuk mematuhi seluruh tata tertib ujian. Peserta yang terindikasi melakukan kecurangan atau tidak mematuhi tata tertib akan diberikan teguran oleh pengawas. Maksimal teguran yang diberikan sebanyak tiga kali.

Peserta akan diblokir apabila masih melakukan kecurangan atau tidak patuh setelah mendapatkan tiga kali teguran. “Terpaksa kami gugurkan sesuai tata tertib yang ada,” kata Anas.

Anas mengingatkan peserta di sesi selanjutnya untuk mematuhi tata tertib ujian SMUP Jalur Mandiri. Selain itu, peserta harus sudah mengetahui jadwal dan lokasi ruangan Zoom sebelum melaksanakan ujian, serta menyiapkan perangkat dan aplikasi dengan baik.

“Sehingga peserta bisa fokus ke pengerjaan soal, tidak ada kendala teknis yang dihadapi,” ujar Anas.

Pelaksanaan ujian SMUP Sarjana Jalur Mandiri dihadiri langsung Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti beserta pimpinan universitas dan fakultas. “Mudah-mudahan seleksi ini jujur, obyektif, sehingga Unpad bisa memilih mereka-mereka yang terbaik,” kata Rektor
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1393 seconds (0.1#10.140)