Mengenal MSIB, Mahasiswa Bisa Magang dan Studi Independen di Perusahaan Ternama

Jum'at, 08 Juli 2022 - 09:55 WIB
loading...
Mengenal MSIB, Mahasiswa Bisa Magang dan Studi Independen di Perusahaan Ternama
Melalui MSIB mahasiswa bisa magang dan studi independen di berbagai perusahaan ternama. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Kemendikbudristek kembali membuka pendaftaran program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan ke-3. Melalui MSIB mahasiswa berkesempatan magang dan studi independen di berbagai perusahaan ternama dengan berbagai manfaat.

Program MSIB kembali membuka pendaftaran peserta Angkatan ke-3 bagi 40.000 mahasiswa. Pada program kali ini melibatkan 128 mitra baik dari perusahaan maupun institusi dengan membuka sebanyak 36.203 lowongan yang bisa diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Kepala Program MSIB Tutus Kusuma, mengatakan dalam MSIB angkatan ke-3 ini pihaknya membuka 11.967 program magang dan 24.236 program studi independen. Lalu membuka 1.769 posisi magang dan 139 proyek studi independen.

Baca: Jean Fatiha, Mahasiswi UMM yang Mewakili Bima di Ajang Puteri NTB

“Nantinya akan ada 3.679 mentor dalam MSIB Angkatan ke-3 ini dan juga melibatkan 12 Kementerian/Lembaga, 9 BUMN, serta 7 yayasan,” katanya, dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (8/7/2022).

Ia menyebutkan, mahasiswa nantinya dapat memilih program mana yang akan diikuti. Dalam program magang sebagian besar dilaksanakan secara luring dan didorong menerima mahasiswa lokal. Sementara studi independen dirancang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa dengan prioritas pada skill teknologi digital.

“Tantangan saat ini, program MSIB dua angkatan trennya memang naik, tapi hanya berpusat di Pulau Jawa. Harapannya nanti bisa mengakomodasi mahasiswa di daerah Indonesia Timur dan Indonesia Utara,” ucapnya.

Kegiatan MSIB dapat diikuti oleh mahasiswa program sarjana minimal semester lima serta mahasiswa vokasi yang minimal berada di semester 3 untuk program D2, semester empat untuk program D3, dan semester lima untuk program D4.

Lalu seperti apa manfaat bagi mahasiswa yang mau mengikuti MSIB angkatan ketiga berikut jadwal lengkapnya? Berikut ini penjelasan lengkapnya dikutip dari laman Kampus Merdeka Kemendikbudristek.

Program Magang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2704 seconds (0.1#10.140)