Mau Jadi Nakes di UK? Simak Tipsnya dari Alumni Unair

Sabtu, 09 Juli 2022 - 14:30 WIB
loading...
Mau Jadi Nakes di UK? Simak Tipsnya dari Alumni Unair
Alumni FK Unair dr Celynka Finlanda. Foto/Dok Unair.
A A A
JAKARTA - Alumni Universitas Airlangg a (Unair) dr Celynka Finlanda membagikan ketentuan dan bagaimana dinamika menjadi tenaga kesehatan ( nakes ) di United Kingdom (UK). UK menjadi salah satu negara dengan angka imigran yang cukup signifikan. Kondisi ini turut berpengaruh terhadap kebutuhan nakes baik dokter, perawat, maupun bidan.

Alumni Fakultas Kedokteran Unair ini menjelaskan, terdapat sekitar 20.000 lowongan nakes di UK. “Jadi, kalau nanti misalkan teman-teman tertarik untuk melanjutkan karier ngambil praktik dokter, bidan, atau perawat di sini sangat-sangat bisa,” tuturnya, dikutip dari laman Unair, Sabtu (9/7/2022).

Baca: 4 Pemain Sepak Bola Dunia Bergelar S2, Ada Idolamu?

Bagi nakes yang berasal dari luar UK, lanjut dr Celyn, terdapat ujian penyetaraan guna memperoleh lisensi praktik di sana. Di UK sendiri, nakes berada di bawah NHS (National Health Insurance), sebuah sistem kesehatan yang didanai dari pajak dan telah ada sejak tahun 1948.

Pada webinar yang diselenggarakan Direktorat Pengembangan Karier, Kewirausahaan, dan Alumni (DPKKA) Universitas Airlangga ini, dr Celyn memaparkan banyak keunggulan bekerja sebagai nakes di bawah NHS. Salah satunya adalah jam kerja yang teratur.

“Dalam seminggu, teman-teman tidak boleh bekerja lebih dari 56 jam. Lembur maksimal 1-2 jam dalam satu shift dan nggak lebih dari itu karena nggak dibolehin,” jelas dr Celyn. Ia pun menjelaskan bahwa masing-masing nakes sudah mendapatkan porsi kerja masing-masing.

Di UK, sambung dr Celyn, nakes akan benar-benar memperoleh keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesional (work-life balance). Nakes juga berhak mengajukan cuti seperti cuti sakit, cuti melahirkan, cuti studi, dan cuti tahunan.

Baca juga: Tips Jitu Menulis Esai Menarik untuk Tembus Beasiswa LPDP

“Jadi, jangan khawatir kalau teman-teman mau pulang untuk lebaran, natal, itu bakal bisa. Cutinya selalu bakal dapat,” tegas Presiden Direktur Great Global Hanlyn ini.

Bagi nakes yang ingin berkarier di UK, dr Celyn menjelaskan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi seperti sertifikat bahasa Inggris (IELTS atau OET), ijazah ujian profesi dari negara asal, dan telah lolos ujian profesi nakes di UK bagi nakes asing. Bagi nakes dari luar UK yang ingin berkarier di negara tersebut, wajib mengikuti PLAB 1 (ujian teori) dan PLAB 2 (ujian praktik) untuk dokter.

“Sedangkan, bagi perawat diharuskan lolos ujian CBT dan bagi bidan diharuskan lolos ujian OSCE,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5716 seconds (0.1#10.140)