Inovasi, Peneliti IPB Manfaatkan Limbah Sawit sebagai Future Fashion

Rabu, 13 Juli 2022 - 14:33 WIB
loading...
Inovasi, Peneliti IPB Manfaatkan Limbah Sawit sebagai Future Fashion
Kelapa sawit. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Peneliti IPB University dari Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) mengembangkan benang dan kain yang berasal dari biomassa sawit.

Inovasi ini sekaligus menjadi tantangan bangsa, sebab ketersediaan benang sintetis, semi sintetis dan kapas lokal sangatlah terbatas.



“Kami ingin menciptakan future fashion, tidak hanya berbahan kapas dan benang sintetis, namun berbasis biomassa sawit,” ujar Ketua Tim Peneliti, Dr Siti Nikmatin dalam keterangan pers, Rabu (13/7/2022).

Ia bersama dua anggota tim penelitiannya, yakni Dr Irmansyah dan Bambang Hermawan, MSi tengah mengembangkan daur ulang dari tandan kosong kelapa sawit (TKKS) menjadi benang yang dapat dipergunakan sebagai aplikasi industri kreatif fashion.

Riset ini berada dalam bidang penelitian Biomaterial dari hibah riset yang didanai oleh Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Kementerian Keuangan, Republik Indonesia.



Menurut Dr Siti, perkebunan kelapa sawit merupakan salah satu komoditas yang memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Terbukti, perkembangan kebun kelapa sawit dari tahun ke tahun menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan.

Selain diambil minyaknya, keberadaan perkebunan sawit yang menghasilkan limbah sangat penting untuk dimanfaatkan.

“Output dari riset ini adalah membuat kain dari benang sawit yang disesuaikan dengan produk fashion,” jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1866 seconds (0.1#10.140)