Dear Mahasiswa Baru, Catat 10 Tips Penting untuk Tahun Pertama Kuliah

Sabtu, 16 Juli 2022 - 13:31 WIB
loading...
Dear Mahasiswa Baru, Catat 10 Tips Penting untuk Tahun Pertama Kuliah
10 tips penting bagi mahasiswa baru di tahun pertama kuliah. Foto/Dok/Kalbis Institute.
A A A
JAKARTA - Tahun pertama kuliah secara psikologis menjadi salah satu waktu yang terberat bagi mahasiswa yang telah diterima perguruan tinggi. Bagi kalian mahasiswa baru, adaptasi pada tahun kuliah pertama bisa dilakukan dengan 10 tips ini.

Di tahun pertama kuliah, para mahasiswa baru ini masih berada di lingkungan baru yang terasa asing karena belum pernah kalian ketahui sebelumnya. Kalian merasa belum familiar dengan berbagai hal dan harus bisa beradaptasi dengan lingkungan baru ini.

Lalu, bagaimana sih caranya agar kalian bisa melalui tahun pertama kuliah kamu dengan lancar dan enjoy? Yuk, simak tips penting yang perlu kamu lakukan di tahun pertama kuliah berikut, dikutip dari laman Ruangguru.

1. Jangan bolos!

Saat kuliah, nggak akan ada orang yang memaksa atau mungkin mengingatkan kamu untuk masuk kelas. Kalian dituntut untuk dewasa dan bertanggung jawab atas diri kamu sendiri. Apalagi, hampir semua mata kuliah sangat mementingkan absensi. Walaupun kadang masih banyak mahasiswa yang suka titip absen, tetapi kehadiran di kelas lebih penting.

Mendengarkan materi dan mencatat langsung, akan berbeda dengan fotocopy catatan teman. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan banyak info seperti bocoran kisi-kisi ujian, pembagian kelompok belajar, tugas-tugas, dan sebagainya.

2. Memperbaiki skill mencatat

Nggak perlu mencatat semua penjelasan dosen. Cukup dengarkan baik-baik penjelasannya, cerna, lalu catat poin-poin penting. Pahami dan jangan hanya menghafal apa yang kamu catat. Dengan mencatat, kamu juga jadi lebih fokus dan nggak mengantuk selama belajar di kelas.

Mencatat selama di kuliah itu penting banget, karena saat ujian bahannya nggak hanya dari buku saja, tapi juga dari penjelasan dosen langsung di kelas.

Tiap semesternya kamu harus mengambil beberapa mata kuliah. Nah, untuk setiap mata kuliah biasanya selalu akan ada tugas, kuis, dan ujian yang harus kamu kerjakan. Jika kamu nggak tau metode belajar yang paling membuatmu nyaman, kamu bisa kesulitan dalam menyelesaikannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1773 seconds (0.1#10.140)