Tertarik Masuk SMK? Ada Potensi Gaji Jutaan Rupiah Jadi Ahli Las Bawah Air

Sabtu, 16 Juli 2022 - 17:06 WIB
loading...
Tertarik Masuk SMK? Ada Potensi Gaji Jutaan Rupiah Jadi Ahli Las Bawah Air
Lulusan Teknik Pengelasan di SMK bisa menjadi ahli las bawah air dengan gaji jutaan rupiah. Foto/Tangkap layar laman Ditjen Diksi.
A A A
JAKARTA - SMK memiliki sejumlah jurusan yang memiliki potensi kerja dengan gaji tinggi bagi para lulusannya. Salah satunya adalah Teknik Pengelasan khususnya pengelasan bawah air.

Underwater welder atau ahli las bawah air ini sendiri merujuk pada profesi pengelasan, tetapi dilakukan di bawah air. Pengelasan biasanya dilakukan di dalam laut, di tengah laut lepas.

Meski terdengar cukup menantang, ahli las bawah air ini rupanya selalu menjadi rebutan konsumen yang biasanya bergerak di bidang perkapalan ataupun pengeboran minyak di laut. Tak heran, jika mereka memiliki penghasilan yang cukup tinggi.

Para ahli las bawah air ini biasanya akan bekerja untuk melakukan pengelasan pada lambung kapal yang rusak, seperti bocor atau robek.

Baca: Lagi, Kemenag Cairkan Rp2,5 Triliun Dana BOS Madrasah 2022

Di unit pengeboran minyak, seorang ahli las bawah air biasanya akan bekerja jika terjadi sambungan pipa gas atau minyak yang bocor di tengah laut.

Guru Teknik Pengelasan dari SMKN 1 Batam, Kepulauan Riau, Ahmad Husein, mengatakan bahwa tidak semua ahli las bisa melakukan pekerjaan pengelasan di bawah air.

Menurutnya, selain harus mengusai teknik-teknik dalam pengelasan, seorang underwater welder juga harus memiliki sejumlah kriteria khusus lainnya, utamanya yang terkait dengan medan kerja mereka yang berada di bawah air, yakni para ahli las bawah air ini harus mampu berenang, menyelam, serta memiliki sertifikat menyelam.

“Karena area pekerjaan mereka di laut lepas dan titik pengelasan bisa saja di kedalaman maka mereka tidak hanya bisa berenang. Akan tetapi, mereka juga harus pandai menyelam dan memiliki sertifikat menyelam,” kata Ahmad, dikutip dari laman Dikti Vokasi Kemendikbudristek, Sabtu (16/7/2022).

SMKN 1 Batam memang menjadi salah satu SMK di Indonesia yang memiliki kompetensi pengelasan dalam air. Mereka juga memiliki unit laboratorium dengan peralatan yang sudah sesuai dengan industri untuk mendukung kompetensi siswa.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1386 seconds (10.101#12.26)