PLS Diawasi Ketat, Kadisdik Jabar Larang Perpeloncoan Peserta Didik Baru

Selasa, 19 Juli 2022 - 08:46 WIB
loading...
PLS Diawasi Ketat, Kadisdik Jabar Larang Perpeloncoan Peserta Didik Baru
Kadisdik Jabar, Dedi Supandi resmi membuka PLS di Jabar di SMKN 3 Bandung, Senin (18/7). Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan ( Kadisdik ) Jawa Barat, Dedi Supandi melarang praktik perpeloncoan dalam pelaksanaan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) bagi para peserta didik baru.

Untuk mencegah terjadinya praktik perpeloncoan, Dedi menyatakan, pelaksanaan PLS bakal diawasi ketat oleh berbagai pihak, mulai pengawas sekolah hingga orang tua siswa.



"Pelaksanaan PLS diawasi oleh panitia PLS sekolah, seperti pengawas sekolah, komite sekolah, dan orang tua. Insya Allah enggak ada (perpeloncoan)," tegas Dedi, Senin (18/7/2022).

Dedi menjelaskan bahwa PLS bertujuan untuk mengenali potensi diri siswa baru, membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah, menumbuhkan motivasi, mengembangkan interaksi positif antarsiswa, dan warga sekolah serta menumbuhkan perilaku positif, seperti kejujuran, kemandirian, dan saling menghargai.

"PLS juga bertujuan untuk mengarahkan peserta didik agar memahami wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter," tegasnya.



Dedi pun berpesan kepada seluruh peserta didik untuk menjaga persatuan bangsa. Sebab, Indonesia terdiri dari keberagaman.

"Kalau tidak ada wawasan kebangsaan, tidak ada Pancasila, maka ke depan belum tentu Nusantara itu ada. Bangsa ini ada di masa depan kalian, jadilah generasi yang memberi solusi," katanya.

Senada dengan Dedi, Pelaksana Harian (Plh.) Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum juga mendorong seluruh peserta didik baru untuk menguatkan karakter nasionalisme dan kebangsaan.

"Ini harus jadi materi oleh narasumber saat menyampaikan materi (PLS). Sehingga, siswa punya nasionalisme yang hebat," ujarnya.

Uu berharap, PLS mampu membuat peserta didik baru beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

"Kalau sudah merasa nyaman, insya Allah belajar akan nyaman dan betah. Insya Allah ilmu yang diberikan guru juga akan maksimal dan diraih dengan baik," ucapnya.

Pelaksanaan PLS 2022-2023 di Jabar sendiri secara resmi dibuka di SMKN 3 Bandung, Senin (18/7/2022). PLS ditandai penyematan tanda peserta PLS kepada para peserta didik baru.

Pembukaan PLS dihadiri pula oleh seluruh pejabat di lingkungan Disdik Jabar dan PLS dilaksanakan selama tiga hari, mulai tanggal 18 hingga 20 Juli 2022 mendatang.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3127 seconds (0.1#10.140)