Orientasi dan Pengenalan Kampus bagi Maba UGM Digelar Luring, Begini Prosedurnya

Selasa, 19 Juli 2022 - 16:46 WIB
loading...
Orientasi dan Pengenalan Kampus bagi Maba UGM Digelar Luring, Begini Prosedurnya
UGM akan menggelar Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) 1 Agustus 2022. Foto/UGM.
A A A
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada (UGM) akan menggelar masa orientasi dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru pada 1 Agustus mendatang. Setelah dua tahun digelar daring, tahun ini Pelatihan Pembelajar Sukses bagi Mahasiswa Baru (PPSMB) akan digelar secara luring di kampus UGM.

“PPSMB tahun 2022 ini luring atau tatap muka secara langsung, dan kita mulai tanggal 1 Agustus,” ucap Anggota Gugus Tugas PPSMB UGM Dr. Wulan Tri Astuti, dikutip dari laman UGM, Selasa (19/7/2022).

Rangkaian pembelajaran PPSMB dilaksanakan selama enam hari, yaitu pada tanggal 1 - 6 Agustus 2022. Selanjutnya pada tanggal 7 - 13 Agustus 2022 mahasiswa akan mengikuti aktivitas praktik yang disebut sebagai Action Plan.

Baca: Kisah Anak Petani Lulus Akmil TNI AD dan Dilantik Jokowi, Rela Jual Rumput dan Es demi Anak

Wulan menekankan bahwa PPSMB wajib untuk diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UGM program sarjana maupun sarjana terapan, sebagai persiapan untuk mengikuti proses pembelajaran di UGM.

Setelah mengikuti rangkaian acara PPSMB UGM, mahasiswa akan mendapatkan sertifikat kelulusan PPSMB yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan selama berkuliah di UGM, dan menjadi salah satu persyaratan kelulusan mahasiswa.

“Empat tahun ke depan kalau adik-adik akan yudisium, syarat untuk yudisium adalah mengikuti PPSMB. Jadi ini adalah gerbang untuk masuk dan gerbang untuk keluar,” terangnya.

PPSMB UGM terdiri dari rangkaian kegiatan PPSMB Universitas, PPSMB Soft Skills, dan PPSMB Fakultas/Sekolah Vokasi.

Rangkaian kegiatan PPSMB pada tingkat universitas bertujuan untuk mengenalkan sejarah, filosofi, nilai-nilai, visi-misi, sarana prasarana, prestasi, dan sumbangsih universitas. Pembentuk jiwa ke-UGM-an dan pengembangan karakter 'Sang Juara' juga ditanamkan melalui materi pada PPSMB Universitas.

Sementara itu, PPSMB Soft Skills bertujuan untuk memberikan pembekalan pada mahasiswa untuk meningkatkan kapasitas diri sehingga siap menjadi problem solver, serta mendorong mahasiswa untuk aktif meningkatkan kompetensi diri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5357 seconds (0.1#10.140)