Kuliah Umum di UI, Ramos-Horta Ingin Wujudkan Kerja Sama Bidang Pendidikan dan SDM

Kamis, 21 Juli 2022 - 13:49 WIB
loading...
Kuliah Umum di UI, Ramos-Horta Ingin Wujudkan Kerja Sama Bidang Pendidikan dan SDM
Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta, melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI). Foto/Dok/Humas UI
A A A
JAKARTA - Dalam kunjungan luar negeri pertamanya setelah dilantik menjadi Presiden Timor Leste pada 20 Mei 2022, Presiden Republik Demokratik Timor Leste, José Ramos-Horta , melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia (UI).

Ramos-Horta memberikan kuliah umum kepada sivitas akademika berjudul “A Long and Winding Road Towards Peace and Resolving Conflicts: Lessons from Asia’s Newest Nation” secara hybrid di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Selasa (19/7/2022).

Baca juga: Kuliah Umum di UIN Jakarta, Ramos-Horta: Islam dan Pendidikan Harus Berperan Wujudkan Perdamaian

Presiden Ramos-Horta menyampaikan materi tentang upaya mewujudkan kerja sama Indonesia dan Timor-Leste, serta dukungan Indonesia di berbagai bidang pembangunan negara tersebut, termasuk di bidang pendidikan dan sumber daya manusia.

Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D., didampingi Dekan FISIP, Prof. Semiarto Aji Purwanto, bersama jajaran pimpinan UI, menyambut kedatangan Presiden Ramos-Horta bersama para Menteri dan pejabat tinggi Timor-Leste.

Di antaranya, Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Adaljiza Abertina Xavier Reis Magno, Menteri Perhubungan dan Komunikasi Jose Agustinho da Silva, Menteri Pariwisata, Perdagangan, dan Industri Jose Lucas so Carmo Silva, Menteri Pertanian dan Perikanan Pedro dos Reis, dan Duta Besar Timor Leste untuk Republik Indonesia Filomeno Alexio da Cruz.

Baca juga: Mengenal 3 Jurusan di Fakultas Kedokteran UGM dan Besaran Biaya Pendidikan

Dalam pidato sambutannya, Rektor UI Prof. Ari Kuncoro menyampaikan bahwa hubungan UI dengan masyarakat Timor Leste sangat istimewa. Dalam kurun waktu 2015 dan 2019, UI menerima sejumlah mahasiswa dari Timor Leste dalam program magister dan doktoral di berbagai program studi, antara lain studi kepolisian, teknik, ekonomi dan bisnis, studi gender, dan sebagainya.

"Sebagai institusi pendidikan, kami sangat bangga UI mengambil bagian dalam pengalaman hidup mereka sebagai talenta muda yang membentuk masa depan, tidak hanya untuk diri mereka sendiri tetapi juga untuk hubungan antara Indonesia dan Timor Leste,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rektor UI menyampaikan bahwa pendidikan dapat menjadi faktor pendukung hubungan yang bermakna antara Indonesia dan Timor Leste.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1069 seconds (10.177#12.26)