7 Jurusan Paling Dibutuhkan di Pertambangan, Prospek Bagus dan Gaji Besar

Jum'at, 22 Juli 2022 - 15:56 WIB
loading...
7 Jurusan Paling Dibutuhkan di Pertambangan, Prospek Bagus dan Gaji Besar
Sedikitnya ada tujuh jurusan paling dibutuhkan di pertambangan yang bisa diketahui. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sedikitnya ada tujuh jurusan paling dibutuhkan di pertambangan yang bisa diketahui. Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil bahan tambang terbesar di dunia.

Industri pertambangan di Indonesia memang menjanjikan gaji yang besar. Karena itu untuk bisa masuk ke dalam industri tersebut, tentu harus memiliki keahlian dan ilmu yang luas tentang hal yang berkaitan dengan pertambangan.

Baca juga : Mengenal Jurusan Teknik Pertambangan dan Peluang Kerjanya yang Menjanjikan

Beberapa Universitas terkemuka Indonesia menawarkan sejumlah jurusan yang berkaitan dengan ilmu pertambangan atau yang dibutuhkan di bidang industri pertambangan.

Berikut tujuh jurusan paling dibutuhkan di pertambangan seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Teknik Pertambangan

Jurusan ini adalah yang paling cocok bila ingin bekerja di industri pertambangan. Dengan mempelajari proses penambangan, mineral, dan batuan berharga tentunya membuat mahasiswa ahli dalam hal pertambangan.

Universitas terbaik untuk juras ini masih dipegang Institute Teknik Bandung dan Universitas Hasanuddin. Jika memang ingin menekuni ilmu tentang pertambangan dan bekerja di industri pertambangan tentu jurusan ini bisa jadi pilihan utama.

2. Teknik Geofisika

Mempelajari tentang ilmu kebumian dengan kaidah fisika ini biasa menelaah dan menyelesaikan permasalahan tentang pendayagunaan sumber daya alam, sumber daya energi, dan sumber daya lingkungan.

Setelah lulus, alumni Jurusan Teknik Geofisika ini juga bisa masuk ke industri pertambangan. Universitas yang menyediakan jurusan ini diantaranya, Universitas Gajah Mada, Universitas Padjadjaran. Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

3. Teknik Geologi

Teknik Geologi ini banyak mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukan Bumi. Perluasan ilmu ini tidak hanya berfokus pada sumber daya saja namun juga konstruksi bangunan dan bencana.

Sehingga prospek kerja dari jurusan ini semakin luas, selain itu jurusan ini juga jadi jurusan paling dibutuhkan di pertambangan. Universitas Padjajaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, dan Universitas Haluoleo, merupakan universitas yang menyediakan jurusan ini.

4. Teknik Perminyakan

Ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan sumber daya alam yang berkaitan dengan gas dan minyak bumi merupakan fokus dari jurusan ini. sebenarnya jurusan ini merupakan ilmu lanjutan dari teknik pertambangan.

Jurusan yang paling dibutuhkan di pertambangan ini dikenal ,memiliki pengetahuan tentang pengeboran, distribusi dan ekonomi migas. Universitas Pertamina, Universitas Trisakti dan Institute Teknologi Bandung merupakan beberapa Universitas yang menyediakan jurusan ini.

5. Hukum

Lulusan jurusan hukum akan sangat dibutuhkan di bidang humas ataupun pengacara yang khusus milik industri pertambangan. Karena ilmu yang banyak mempelajari tentang perundang-undangan ini sangatlah diperlukan dalam rencana industri agar tidak menyeleweng dari hukum yang berlaku.

Banyak universitas yang menyediakan prodi ilmu hukum di dalamnya seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro dan masih banyak lagi. Bagi yang berminat masuk ke industri pertambangan tentunya jurusan ini bisa dituju teruntuk anak soshum.

Baca juga : 5 Jurusan Kuliah Tersulit, Berani Ambil?

6. Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis adalah jurusan paling dibutuhkan di pertambangan. Karena dalam industri pertambangan diperlukan pekerja yang mengerti cara memanage dan mengelola sumber daya yang nantinya akan di distribusikan atau di ekspor.

Sebab itulah jurusan yang erat kaitannya dengan management dan perdagangan ini diperlukan. Banyak universitas yang menyediakan prodi ini, diantaranya seperti Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran dan masih banyak lagi.

7. Teknik Sipil

Jurusan yang mempelajari tentang cara merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur ini juga penting dalam industri pertambangan. Karena dalam pertambangan banyak diperlukan infrastruktur-infrastruktur yang dapat membantu berjalannya proses pertambangan.

Universitas yang menyediakan jurusan ini adalah Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Bina Nusantara.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4861 seconds (0.1#10.140)