Sederet Jenderal TNI Jebolan Universitas Terbaik di Amerika Serikat, Ini Daftarnya

Senin, 25 Juli 2022 - 00:44 WIB
loading...
Sederet Jenderal TNI Jebolan Universitas Terbaik di Amerika Serikat, Ini Daftarnya
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan, dan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pernah berkuliah di luar negeri. Foto/DoK/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sejumlah jenderal TNI diketahui pernah kuliah di luar negeri, khususnya Amerika Serikat . Mereka merupakan lulusan universitas ternama dunia yang menjadi impian bagi banyak orang di Indonesia.

Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan. Tidak saja sebagai bekal pengetahuan, tapi juga menunjang karier profesi yang digeluti. Termasuk mereka yang berkarier sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: 3 Jenderal Polisi Ini Bergelar Profesor, Jabat Guru Besar di PTIK Jakarta

Untuk menjadi seorang pemimpin di TNI, setiap prajurit juga harus mengikuti pendidikan dan pelatihan yang telah ditentukan. Mereka dituntut untuk selalu belajar hingga menjadi seorang jenderal. Tidak saja belajar di dalam negeri, tapi juga bisa berkuliah di luar negeri .

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 3 jenderal TNI yang pernah kuliah di luar negeri:

1. Andika Perkasa

Jenderal Muhammad Andika Perkasa, SE, MA, MSc, MPhil, PhD. Dia adalah seorang perwira tertinggi TNI Angkatan Darat yang menjabat sebagai Panglima TNI sejak 17 November 2021, menggantikan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto.

Andika Perkasa menyelesaikan Akademi Militer pada 1987. Setelah itu dia mengambil gelar magisternya dari The Military College of Vermont, Norwich University, Northfield, Vermont, Amerika Serikat (1999), National War College, National Defense University, Washington DC, Amerika Serikat (2003), dan Harvard University, Massachusetts, Amerika Serikat (2004).

Baca juga: Mahasiswa UI Lolos Pertukaran Pelajar ke Jepang untuk Belajar Saintek

Menantu Jenderal (Purn) AM Hendropriyono itu bahkan bersekolah hingga S3 di The Trachtenberg School of Public Policy and Public Administration, The George Washington University, Washington DC, AS dan lulus pada 2005.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3407 seconds (11.252#12.26)