Siapkan SDM Andal Era 4.0, Unpad Buka Program Magister Berbasis Proyek

Selasa, 26 Juli 2022 - 10:05 WIB
loading...
Siapkan SDM Andal Era 4.0, Unpad Buka Program Magister Berbasis Proyek
Unpad buka program magister berbasis proyek. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Dalam rangka berkontribusi menyiapkan SDM andal yang relevan dengan kebutuhan era Revolusi Industri 4.0 , Universitas Padjadjaran ( Unpad ) membuka pendaftaran Program Magister Berbasis Proyek. Pendaftaran dibuka hingga Selasa (2/8/2022) mendatang.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita menjelaskan, program Magister Berbasis Proyek merupakan program magister yang dijalankan secara aplikatif. Pembelajaran akan lebih banyak mengasah keterampilan mahasiswa dalam menyelesaikan kasus yang terjadi di dunia usaha maupun dunia industri.

Baca: Lulus dari ITB, George Rancang Lapas dengan Pendekatan Arsitektur Humanis

“Unpad akan membuat program ini betul-betul proyek yang berbasiskan permasalahan dunia kerja dunia industri. Pendidikannya tidak berbasiskan teori, tetapi berbasiskan permasalahan riil di masyarakat,” kata Prof. Arief, dikutip dari laman Unpad, Selasa (26/7/2022).

Karena berbasis aplikatif, pengajar pada program Magister ini tidak hanya dari kalangan dosen. Unpad telah menjalin banyak mitra untuk mendatangkan praktisi prominen yang siap menjadi mentor dan mengenalkan berbagai studi kasus yang terjadi di dunia usaha maupun dunia industri.

Program ini ditawarkan kepada lulusan program Sarjana yang minimal memiliki pengalaman bekerja, atau bagi lulusan baru yang sebelumnya sudah memiliki pengalaman kerja magang. Prof. Arief menjelaskan, pendaftaran program ini juga tidak mensyaratkan kualifikasi sesuai program Magister sains murni.

Selain itu, luaran dari program ini juga tidak mensyaratkan publikasi internasional, tetapi menghasilkan solusi atau produk yang benar aplikatif, menjawab permasalahan, dan memiliki standar KKNI yang setara Magister sains.

“Untuk proyek yang dikerjakan bisa dari kasus yang dihadirkan dosen atau praktisi, bisa juga membawa kasus dari tempat kerja mereka untuk dipecahkan melalui kerja sama dengan dosen dan supervisor di Unpad,” imbuhnya.

Penyelenggaraan pembelajaran pada program Magister Berbasis Proyek ini akan menggunakan kombinasi pemberian ceramah (teori) secara daring serta pengerjaan proyek untuk kasus tertentu. Prof. Arief menjelaskan, pemberian teori akan disesuaikan dengan kedalaman materi kasus yang akan dikerjakan.

“Jika diperlukan pemahaman materi lebih banyak, maka pemberian teori akan disampaikan secara online. Kalau memang lebih banyak aplikasi, maka akan sedikit teorinya,” terangnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0951 seconds (10.55#12.26)