Lima Jurusan Paling Diminati di Unpad bidang Saintek pada SBMPTN 2022

Kamis, 28 Juli 2022 - 13:15 WIB
loading...
Lima Jurusan Paling Diminati di Unpad bidang Saintek pada SBMPTN 2022
Jurusan paling diminati di Unpad bidang Saintek pada SBMPTN 2022. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Daftar jurusan paling diminati di Universitas Padjadjaran ( Unpad ) bidang sains teknologi (saintek) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SBMPTN ) 2022 menarik untuk disimak. Terutama bagi kalian yang nantinya ingin menjadi mahasiswa Unpad jalur SBMPTN tahun depan.

Diketahui, pengumuman SBMPTN 2022 telah digelar pada 23 Juni 2022 lalu secara online. Calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di Unpad pada SBMPTN tahun ini sebanyak 2.688 orang. Mereka berhasil bersaing dengan 56.529 pendaftar lain di kampus yang berdomisili di Bandung, Jawa Barat ini.

Baca: Literasi Digital, Dosen UBL Ajak Publik Kritis terhadap Informasi Viral yang Beredar

Laman resmi Unpad menjelaskan, ada beberapa program studi kelompok Saintek dengan jumlah peminat terbanyak. Untuk kelompok Saintek, lima prodi dengan jumlah peminat terbanyak, yaitu: Pendidikan Dokter (3.544 orang), Psikologi (3.309 orang), Teknik Informatika (2.906 orang), Farmasi (2.544 orang), serta Ilmu Keperawatan (2.101 orang).

Dikutip dari laman masing-masing fakultas, berikut ini profil dari masing-masing jurusan saintek yang paling diminati di SBMPTN Unpad 2022.

1. Pendidikan Kedokteran

Program studi Pendidikan Kedokteran ini berada di Fakultas Kedokteran Unpad. Gagasan untuk mendirikan Fakultas Kedokteran pertama kali datang dari Menteri Kesehatan dr. Lie Kiat Teng pada Kongres IDI di Surabaya tahun 1953.

FK Unpad menerapkan metode Problem Bases Learning (PBL) dengan menggunakan konsep Student-centered, Problem-based, Community-oriented, Early clinical exposure, dan Systematic (SPICES) pada proses perkuliahannya.

PBL diyakini sebagai model pendidikan kedokteran yang dapat menghasilkan tenaga kesehatan yang mampu mengembangkan diri sendiri dan beradaptasi sehingga dapat menyelesaikan permasalahan sendiri, tanpa tergantung oleh dosen dan institusi.

2. Psikologi

Program Studi Psikologi S1 Unpad telah terakreditasi A dan dirancang untuk para mahasiswa yang memiliki minat kuat untuk memahami perilaku manusia dan fungsi-fungsi Psikologi yang melatarbelakanginya melalui pendekatan biopsikososial.

Prodi ini menyediakan kurikulum dengan Outcome-Based Education (OBE) yang diatur menggunakan desain capstone project. Tujuan pembelajaran dengan desain capstone project adalah agar pencapaian kompetensi lulusan dapat diukur.

3. Teknik Informatika

Program Studi Teknik Informatika (TI) FMIPA Unpad bertujuan menghasilkan lulusan yang mampu menyerap, mengaplikasikan, dan mengembangkan TI dengan kompetensi utama Rekayasa Perangkat Lunak, meliputi empat peminatan studi yaitu Sistem Informasi, Jaringan Komputer dan Komunikasi Data, Sistem Cerdas dan Grafika Komputer, serta Komputasi dan Metode Numerik.

Lulusan program studi TI FMIPA Unpad diarahkan dapat mengisi karier pekerjaan bidang supervisi, asisten manajer dan administrator. Di antaranya, Capacity Planning Supervisor, Database Administrator, Customer Service Supervisor, Data Communication Assistant manager, dan Data Entry Supervisor.

Baca juga: Politeknik Pelayaran Banten Lantik 241 Lulusan Diklat Pelaut Tingkat III dan IV

4. Farmasi

Program Studi Sarjana Farmasi Unpad bertujuan menyiapkan SDM berkualitas, kompeten, dan profesional di bidang farmasi.
Proses belajar mengajar di Program Studi Sarjana Farmasi menggunakan metode pembelajaran Student Centered Learning, Computer Based Learning dan Self Learning yang mengikuti standar Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi (APTFI).

Sampai saat ini Fakultas Farmasi telah meluluskan lebih dari 5.000 farmasis dan apoteker yang tersebar di seluruh Indonesia dan bekerja di lembaga-lembaga pemerintahan, termasuk Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), industri Obat, Obat Tradisional, Obat Veteriner, Kosmetika, dan Makanan Minuman,
Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta, dan lainnya.

5. Ilmu Keperawatan

Proses pembelajaran di Program Studi Ilmu Keperawatan Unpad menekankan pada tumbuh berkembangnya kemampuan untuk menjadi seorang calon perawat profesional, dengan mempelajari respon individu terhadap berbagai kondisi (sehat/sakit) serta upaya untuk mengatasinya yang dilandasi oleh ilmu humaniora, biologi, biokimia, anatomi, fisiologi, fisika dan perilaku serta dasar-dasar keperawatan.

Kurikulum yang dipakai adalah Kurikulum Perguruan Tinggi, meliputi 144 SKS dalam 8 semester. Lulusannya telah banyak bekerja di institusi pelayanan kesehatan di dalam negeri, pelayanan keperawatan profesional di luar negeri, home care, perusahaan swasta, dosen, dan lainnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)