Unair Kenalkan MSIB ke Mahasiswa, Simak Tips Biar Lolos Seleksi

Sabtu, 30 Juli 2022 - 09:07 WIB
loading...
Unair Kenalkan MSIB ke Mahasiswa, Simak Tips Biar Lolos Seleksi
Sosialisasi program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Unair. Foto/Tangkap layar laman Unair.
A A A
JAKARTA - Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Kemendikbudristek. Program ini memberikan fasilitas penuh bagi mahasiswa untuk mengenal dunia kerja serta dapat dikonversi maksimal 20 sks.

“Teman-temen jangan takut karena akan ada mentor yang akan mendampingi teman-teman selama proses belajar di MSIB. Mulai project base learning bahkan juga mendapatkan relasi di dunia kerja,” ucap Achmad Faidz Mufidi, Employer Branding Intern, alumni MSIB, dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair), Sabtu (30/7/2022).

Baca: IFLA dan UNESCO Luncurkan Manifesto Perpustakaan Umum 2022

MSIB itu dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta. Mulai semester III sesuai dengan kriteria setiap jenjang studi, baik diploma maupun sarjana.

“Jadi, teman-teman yang mungkin sekarang menginjak semester III atau semester V bisa banget nih langsung daftar atau teman-teman yang sedang menunggu waktu yudisium serta berkenan untuk tidak melakukan yudisium selama program juga diperbolehkan,” tambahnya.

Faidz juga menegaskan bahwa program tersebut harus diikuti full time dan tidak boleh dikerjakan bersamaan dengan kegiatan apa pun. Seperti halnya, kerja, kuliah, atau magang lainnya sesuai dengan pernyataan yang ada pada Surat Pertanggung Jawaban Mutlak (SPTJM).

“Jadi, di MSIB, ketika teman-teman sudah mengikuti salah satu program Kampus Merdeka A, maka tidak boleh juga mengikuti Kampus Merdeka B. Artinya harus memilih salah satu,” tegas Faidz.

Pendaftaran MSIB dapat dilakukan melalui web Kampus Merdeka dan melengkapi seluruh alur pendaftaran.

Baca juga: Lima Wisudawan Disabilitas Lulus dari Unesa, Rektor Siapkan Beasiswa

Tips Memilih Program MSIB Terbaik


Faidz menjelaskan, setiap program MSIB adalah program terbaik asalkan sesuai dengan passion masing-masing pendaftar. “Jadi, yang terpenting di sini teman-teman harus mengenal karier masa depan teman-teman sendiri. Selanjutnya menentukan passion diri lalu membuat pertimbangan berdasar skill apa sih yang belum teman-teman dapatkan untuk menunjang karier di masa depan. Dengan begitu, teman-teman bisa menentukan mana program yang possible di MSIB ini,” ujar Faidz.

Bukan hanya itu, Faidz juga menjelaskan bahwa Curriculum Vitae (CV) juga menjadi salah satu poin dalam seleksi MSIB. Beberapa poin pentingnya CV harus relevan dengan program yang dipilih, terlihat simple namun memuat semua informasi tersampaikan. Selain itu, persiapan diri yang matang saat menghadapi interview.

“Yang harus teman-teman lakukan di sini adalah mempersiapkan dan melakukannya. Ini bukan tentang pemahaman dan apa yang sudah diketahui, ini tentang bagaimana kita melakukannya. Semua hal ada di teman-teman apakah ingin mencoba atau tidak semuanya kembali ke kalian masing-masing,” tutup Faidz.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1945 seconds (0.1#10.140)