Webinar di Kampus hingga Napak Tilas akan Semarakkan Peringatan 120 Tahun Bung Hatta

Sabtu, 30 Juli 2022 - 19:13 WIB
loading...
Webinar di Kampus hingga Napak Tilas akan Semarakkan Peringatan 120 Tahun Bung Hatta
Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) siap menggelar Peringatan 120 Tahun Bung Hatta. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Memperingati 120 Tahun Bung Hatta, Yayasan Proklamator Bung Hatta (YPBH) akan menggelar serangkaian acara menarik. Mulai dari webinar di Universitas Bung Hatta, virtual race untuk donasi beasiswa , hingga napak tilas Bung Hatta.

Sekretaris Umum YPBH Ezrinal Azis mengatakan, bekerja sama dengan Universitas Bung Hatta YPBH akan menggelar webinar dengan tema Bung Hatta, Pejuang Tangguh, dan Pemikir yang Visioner pada 6 Agustus secara hibrida dengan lokasi di Universitas Bung Hatta atau Istana Bung Hatta.

Baca: Kisah Jeane, Wisudawan Termuda ITB Raih Gelar Sarjana di Usia 20 Tahun

Webinar ini juga direncanakan akan turut diisi oleh beberapa menteri sebagai pembicara di antaranya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Menteri Koperasi Teten Masduki.

Selain itu juga akan digelar virtual race yakni lomba lari dan bersepeda. Lomba ini juga dimaksudkan untuk menampung donasi untuk beasiswa dalam mendukung pembuatan karya ilmiah yang sesuai dengan gagasan Bung Hatta.

Peringatan 120 Tahun Bung Hatta juga akan disemarakkan dengan napak tilas yang mengambil rute Istana Bung Hatta-Rumah Kelahiran Bung Hatta-Pesanggrahan Bung Hatta yang dijadwalkan akan digelar pada 14 Agustus 2022. Pada napak tilas ini juga akan diisi dengan doa bersama, pembacaan puisi tentang Bung Hatta dan pemutaran video pendek Jejak Perjuangan Bung Hatta.

"Harapan kami webinar maupun peringatan 120 Tahun Bung Hatta sang Proklamator dapat lebih mendorong langkah-langkah upaya pembinaan dari generasi penerus bangsa tercinta ini menjadi calon pemimpin bangsa yang berkarakter luhur dan mulia dan mampu mengangkat bangsa Indonesia menjadi negara yang bermartabat, kuat, adil, sejahtera, dan bahagia," katanya, melalui keterangan resmi, Sabtu (30/7/2022).

Peringatan 120 Tahun kelahiran Bung Hatta juga akan menjadi momen peluncuran Hatta Memorial Heritage-Virtual (HMH-Virtual).
Ketua Panitia Peringatan 120 Tahun Bung Hatta YPBH Iman Satria mengatakan, Hatta Memorial Heritage-Virtual ini akan berbasis Metaverse sehingga masyarakat bisa mengetahui sejarah dalam bentuk 3D dan terasa sangat nyata.

Iman menjelaskan, peluncuran Hatta Memorial Heritage-Virtual akan dilangsungkan pada 12 Agustus secara hibdrida. "Adanya Hatta Memorial Heritage-Virtual ini akan menjadi alternatif sejarah atau pendidikan yang ikut berperan dalam membangun nilai-nilai kebangsaan bagi generasi milenial," katanya.

Baca juga: Nama-nama Peraih Beasiswa APERTI BUMN 2022, Ini Daftar Lengkapnya

Menurut Iman, dengan platform Metaverse maka seseorang bisa mengunjungi rumah kelahiran Bung Hatta di Bukittinggi. Selain itu juga bisa mengunjungi tempat pembuangan Bung Hatta di Boven Digul dan Banda Neira berikut penjelasannya tanpa harus datang ke lokasi keduanya.

HMH-Virtual yang dikembangkan YBH dengan platform Metaverse ini akan dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat kapan dan dimanapun melalui perangkat virtual reality. Sehingga dapat menjadi platform edukasi sejarah berbasis teknologi tinggi untuk generasi mendatang.

Ketua Umum Yayasan Proklamator Bung Hatta Prof Maizar Rahman menjelaskan, YPBH didirikan pada 2014. Dengan tujuan untuk menggali dan melestarikan nilai-nilai kebangsaan yang telah diwariskan para tokoh perjuangan, mendidik, melatih dan mensosialisasikannya kepada generasi penerus bangsa.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4308 seconds (0.1#10.140)