4 Perbedaan Bahasa Mandarin dan Kanton dari Negeri Cina

Senin, 01 Agustus 2022 - 11:58 WIB
loading...
4 Perbedaan Bahasa Mandarin dan Kanton dari Negeri Cina
Image by lzwql from Pixabay
A A A
JAKARTA - Tidak sedikit yang beranggapan bahwa bahasa Mandarin dan bahasa Cina adalah dua bahasa yang berbeda. Faktanya, bahasa Mandarin sendiri adalah salah satu bahasa yang digunakan di negara Tiongkok atau Cina. Bahasa lainnya yang juga sering digunakan di negara tersebut adalah bahasa Kanton.

Nah, kedua bahasa ini lah yang sering dikira dua bahasa yang berbeda karena memang digunakan oleh kelompok penutur yang berbeda. Lantas, apa saja sih perbedaan keduanya? Yuk, bahas satu per satu!

Wilayah Penggunaan
Hal pertama yang membedakan bahasa Mandarin dan bahasa Kanton adalah cakupan wilayah di mana bahasa tersebut digunakan. Bahasa Mandarin digunakan oleh sebagian besar masyarakat di daerah utara dan barat daya Tiongkok. Diperkirakan bahasa ini digunakan sekitar 70 persen populasi di negara tersebut.

Sementara itu, bahasa Kanton berasal dari kota Guangzhou dan sekitarnya yang terletak di bagian tenggara. Bahasa ini juga digunakan di Hong Kong dan Macau serta daerah lainnya di sekitar Asia Tenggara.

Karakter yang Digunakan
Pada dasarnya, baik bahasa Mandarin maupun bahasa Kanton menggunakan huruf yang relatif mirip karena memiliki asal usul yang sama. Meski demikian, karakter yang digunakan dalam bahasa Mandarin lebih sederhana sehingga lebih mudah digunakan. Bahasa Kanton menggunakan karakter tradisional yang lebih kompleks dan lebih sulit penulisannya.

Selain itu, sistem penulisan cara baca kedua bahasa ini juga memiliki perbedaan, lho. Misalnya kata 你好 yang dalam Pinyin bahasa Mandarin ditulis sebagai nǐhǎo, tetapi dalam bahasa Kanton ditulis nei5 hou2 dengan Jyutping.

4 Perbedaan Bahasa Mandarin dan Kanton dari Negeri Cina

Image by lzwql from Pixabay

Bahasa Lisan dan Kosakata
Dalam bahasa lisan, bahasa Kanton dan bahasa Mandarin tidak dapat saling menggantikan. Kebanyakan penutur bahasa Mandarin tidak mengerti bahasa Kanton, hal ini berlaku sebaliknya.

Adanya perbedaan intonasi, nada, dan pengucapan ditambah perbedaan suku kata membuat kedua bahasa ini benar-benar berbeda. "Apakah kamu sudah makan?" dalam bahasa Mandarin adalah 你吃了吗? (Nǐ chīle ma?). Sementara dalam bahasa Kanton adalah 你食咗未呀? (Nǐ shí zuo wèi ya?). Berbeda sekali, bukan?

Perbedaan Tata Bahasa
Ada banyak perbedaan tata bahasa dalam bahasa Mandarin maupun Kanton, namun yang paling jelas adalah urutan untuk kata keterangan dan objek ganda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)