Kejar Ketertinggalan Belajar Siswa, Quipper Siapkan Materi dan Fitur Baru

Kamis, 04 Agustus 2022 - 10:00 WIB
loading...
Kejar Ketertinggalan Belajar Siswa, Quipper Siapkan Materi dan Fitur Baru
Sejumlah siswa mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolahnya. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perusahaan teknologi edukasi, Quipper menyambut awal tahun ajaran baru 2022/2023 dengan penambahan materi dan fitur baru, pemutakhiran aplikasi, dan memperkenalkan figur inspiratif sebagai ‘Teman Belajar Quipper’.

Peningkatan dan pembaruan pada layanan dan fitur di Quipper bertujuan agar setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan nyaman secara berkesinambungan untuk mengejar ketertinggalan capaian pembelajaran atau learning loss yang terjadi selama pandemi.

Baca juga: Viral Gestur Sopan Seorang Pelajar Setelah Diberikan Kesempatan Menyeberang Jalan

Dalam konferensi pers yang bertema “Jadi Lebih Siap Hadapi Tahun Ajaran Baru dengan Quipper”, turut hadir perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Horale Tua Simanullang, S.Pd., hingga aktor, model, dan penyanyi, Reybong.

Selama dua tahun terakhir, kehilangan pembelajaran atau learning loss telah memicu penurunan capaian belajar sehingga pemulihan pada sektor pendidikan perlu dilakukan agar bisa bangkit dari ketertinggalan.

Berkenaan dengan itu, Kemendikbudristek melalui Dinas Pendidikan mendorong berbagai pihak dapat saling mendukung proses pemulihan pembelajaran.

Baca juga: Wadahi Kompetensi Siswa SD-SMP, Kemendikbudristek Gelar Olimpiade Sains Nasional

“Sebagai upaya agar kita bisa bangkit dari learning loss, pemerintah terus melakukan penyesuaian kebijakan dan mendorong dukungan masif dari berbagai pihak dalam rangka pemulihan layanan pendidikan. Saat ini sebagian besar sekolah telah melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen dan kami terus mendorong proses belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Horale Tua Simanullang, S.Pd., selaku Subkor PDPK (Peserta Didik & Pembangunan Karakter) Bidang SMP & SMA Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta.

Implementasi PTM 100 persen diharapkan dapat meminimalisir melebarnya learning loss. Di sisi lain, teknologi terbukti dapat menjadi solusi di berbagai macam implementasi pembelajaran, baik pembelajaran jarak jauh, pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran campuran. Hal ini disampaikan Bruder Paulus Sumarno, Kepala Sekolah dan & Ketua Yayasan Pangudi Luhur Bernadus Cikarang.

“Di sekolah kami, penggunaan teknologi untuk membantu KBM sudah kami terapkan sejak awal pandemi. Salah satunya dengan penggunaan learning management system seperti Quipper School Premium. Teknologi semacam itu, sangat membantu mengorganisir kegiatan belajar mengajar jadi lebih efektif dan efisien. Ke depannya, penggunaan teknologi ini akan terus kami maksimalkan meskipun pembelajaran sudah diterapkan tatap muka 100 persen,” ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1614 seconds (11.97#12.26)