Raih IPK 3,85, Wisudawan Terbaik Sarjana Unpad ini Ingin Bangun Pertanian Indonesia

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 14:19 WIB
loading...
Raih IPK 3,85, Wisudawan Terbaik Sarjana Unpad ini Ingin Bangun Pertanian Indonesia
Wisudawan terbaik sarjana Unpad Raden Trizaldi Prima Alamsyah. Foto/Tangkap layar laman Unpad.
A A A
JAKARTA - Raden Trizaldi Prima Alamsyah berusaha optimal dalam menjalani perannya sebagai mahasiswa. Hasilnya, ia lulus Sarjana dari Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran ( Unpad ) dalam waktu 3,5 tahun dengan IPK 3,85 serta berhasil menorehkan berbagai prestasi.

Pria yang akrab disapa Rizal ini pun terpilih menjadi wisudawan terbaik Program Sarjana pada Upacara Wisuda Lulusan Gelombang IV Tahun Akademik 2021/2022. Rizal diwisuda di Grha Sanusi Hardjadinata Kampus Iwa Koesoemasoemantri Unpad, Bandung, Rabu (3/9/2022) lalu.

“Saya bersyukur sekali atas adanya penghargaan yang diberikan ini. Semoga dengan adanya penghargaan ini juga bisa menjadi salah satu pemicu untuk saya bisa lebih meningkatkan prestasi saya,” harap Rizal, dikutip dari laman resmi Unpad, Jumat (5/8/2022).

Baca: Mengenal 2 Perempuan Cerdas dan Inspiratif yang Pernah Jadi Rektor UGM

Dalam beberapa tahun terakhir, ada banyak prestasi yang pernah ia raih, di antaranya sebagai Finalis Pemuda Pelopor kategori Pangan pada Pemuda Pelopor Kota Bandung 2019 (individu) dan mahasiswa berprestasi Faperta tahun 2021.

Secara berkelompok, ia juga meraih Juara Ketiga Kompetisi Business Plan pada Agriday x EC 2020, Juara kedua pada Business Model Canvassing Competition dalam Fateta Business Festival 2020, dan The Best Social Movement Project. Selain itu, ia juga pernah menjadi penyaji di sejumlah seminar, antara lain International Seminar on Agribusiness: Agribusiness and Economic Recovery (ISA AER) 2021 dan The 2021 Sebelas Maret International Conference on Digital Economy.

Selama kuliah di Agribisnis Faperta Unpad, ia juga aktif mengikuti kegiatan kepanitiaan dan organisasi kemahasiswaan di tingkat Unpad dan nasional. Mengikuti berbagai kegiatan tersebut, Rizal ingin mengukur potensi diri sekaligus membawa nama harum almamater Unpad melalui prestasinya.

Selain itu, dengan mengikuti berbagai kegiatan bersama mahasiswa dari perguruan tinggi lain, ia juga ingin menambah wawasan. “Membuat saya banyak belajar dan menambah kapasitas saya untuk lebih memahami konteks sesuatu dan banyak ternyata ya yang belum saya ketahui dan banyak yang tidak saya ketahui di luar sana,” kata Rizal yang sudah bekerja di PT. Agro Jabar, salah satu BUMD Jawa Barat sejak Februari 2021.

Memiliki banyak aktivitas, ia juga menggunakan matriks manjemen waktu untuk menentukan prioritasnya. Meski demikian, ia merasa bahwa kegiatan perkuliahan tetap menjadi nomor satu. Ia ingin memperkuat keilmuannya dulu sebelum mengaplikasikannya dalam berbagai kegiatan. “Karena ketika basic-nya tidak bagus, ikut kompetisi atau organisasi menurut saya kurang saja,” ujar Rizal.

Baca juga: Mau Kuliah Gratis S2-S3 di Arab Saudi? Universitas Terbaik ini Segera Buka Pendaftaran

Saat ini Rizal pun tercatat menjadi mahasiswa Magister Ekonomi Pertanian Unpad dalam program Fast Track. Kuliah di bidang pertanian, Rizal berharap ingin menjadi salah seorang yang membangun pertanian di Indonesia. Untuk itu ia ingin memperdalam ilmunya khususnya di Agribisnis. Ia juga berharap pertanian di Indonesia dapat diisi oleh orang-orang jenius.

“Saya melihat bahwa Indonesia ini kan negara agraris, punya potensi yang sangat besar khususnya dari sisi agrikultur nya. Menurut saya pertanian di Indonesia butuh orang-orang yang luar biasa, butuh orang-orang yang jenius,” ujar mahasiswa Bidikmisi asal Bandung ini.

Rizal pun berharap dapat menjadi lulusan yang membanggakan bagi Unpad, khususnya Faperta Unpad. Dapat bermanfaat bagi sekitar pun menjadi kebahagiaan tak ternilai baginya. “Secara pribadi saya ingin menjadi seseorang yang bisa bermanfaat dan juga mengamalkan ilmu yang telah saya dapatkan selama berkuliah di Unpad,” harapnya.
(nnz)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1502 seconds (11.97#12.26)