12 Sekolah Penerbangan Ini Bisa Membawamu Jadi Pilot Profesional

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 15:08 WIB
loading...
12 Sekolah Penerbangan Ini Bisa Membawamu Jadi Pilot Profesional
12 sekolah penerbangan di Indonesia bagi yang ingin menjadi pilot profesional. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Menjadi pilot masih menjadi cita-cita dambaan setiap orang. Perjuangan menjadi pilot pesawat komersial profesional dimulai dengan menempuh pendidikan di sekolah penerbangan terlebih dulu.

Mencapai catatan 150 jam latihan menjadi satu di antara syarat menjadi pilot profesional. Selain itu juga harus memiliki ketahanan fisik yang baik, terutama kesehatan mata dan gigi. Menguasai bahasa Inggris dengan lancar juga harus dimiliki jika ingin menjadi pilot.

Bagi kalian yang tertarik menjadi pilot atau bekerja di bandara, berikut ini 12 sekolah penerbangan yang bisa menjadi pilihanmu untuk menggapai cita-cita tersebut yang dikutip dari laman resmi Ruangguru.

Baca: Ini 20 SMK Terbaik di Indonesia Versi LTMPT, Bisa Jadi Referensi Sebelum Mendaftar

1. Bali International Flight Academy

BIFA merupakan sebuah sekolah penerbangan dengan sertifikasi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Internasional Civil Aviation Organization yang terletak di Buleleng, Bali. Persyaratan peserta didik BIFA antara lain, berusia 18-33 tahun, pendidikan minimum SMA jurusan IPA, memiliki tinggi minimum 165 cm, sehat jasmani. Selain itu, proses seleksi membutuhkan minimum nilai TOEIC sebesar 700. BIFA menyediakan tiga program studi yakni Pilot Private License (PPL), Commercial Pilot License (CPL), dan Instrument Rating (IR).

2. Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan

Akademik Teknik dan Keselamatan Penerbangan atau ATKP adalah sekolah penerbangan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Akademi ini melaksanakan pendidikan profesional untuk program diploma di bidang keahlian teknik dan keselamatan penerbangan. Bagi kamu yang berminat, ATKP berada di tiga daerah di Indonesia yaitu Surabaya, Makassar, dan Medan.

ATKP akan mengajarkan peserta didik tentang beberapa hal terkait teknik dan keselamatan penerbangan seperti:

- Teknis bandara
- Navigasi udara
- Penanganan bagasi
- Teknik perawatan pesawat
- Teknik keselamatan dalam penerbangan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3030 seconds (0.1#10.140)