Anak Pedagang Kerupuk Sabet Beasiswa SEMESTA, Kuliah Gratis dan Digaji

Rabu, 10 Agustus 2022 - 14:25 WIB
loading...
Anak Pedagang Kerupuk Sabet Beasiswa SEMESTA, Kuliah Gratis dan Digaji
Islam Nurul Yaqin, remaja asal Tasikmalaya, Jawa Barat, memperoleh Beasiswa SEMESTA. Foto/Dok/Sevima
A A A
JAKARTA - Islam Nurul Yaqin, remaja asal Tasikmalaya, Jawa Barat yang kerap disapa Islam ini, sebelumnya mengaku sudah tak berharap untuk bisa kuliah seperti teman-temannya.

Biaya kuliah yang tinggi membuat Islam yakin bahwa ia tak ingin membebani Iyun, sang ayah, yang sehari-hari berprofesi sebagai pedagang kerupuk keliling.



“Saya sudah sempat mendaftar di Kampus Negeri dan diterima. Namun berat untuk mengambilnya karena dagangan ayah juga kian menurun setelah Pandemi Covid-19,” kenang Islam dalam Penganugerahan Beasiswa SEMESTA di Hari Kebangkitan Teknologi Nasional, Rabu (10/8/2022), yang dihadiri oleh CEO PT. Sentra Vidya Utama Sugianto Halim MMT dan Para Menteri serta pejabat tinggi negara secara virtual.

Namun, kegigihannya untuk berkuliah tak pernah memadamkan semangat Islam. Ia mengikuti rangkaian seleksi Beasiswa SEMESTA secara diam-diam tanpa sepengetahuan orang tuanya. Selama proses seleksi, Islam menunjukkan keahliannya dalam membuat aplikasi dan menginstalnya ke server online (docking) hanya dalam waktu semalam. Biasanya, proses menginstal suatu aplikasi online bisa berlangsung hingga berbulan-bulan.

Kemahirannya di bidang IT membuat Islam menjadi salah satu dari 50 pemenang Beasiswa SEMESTA. Beasiswa ini memberi kesempatan untuk berkuliah pada jurusan di Teknik Informatika (IT) di kampus seluruh Indonesia yang telah bekerja sama dengan SEVIMA, senilai total Rp1 miliar.



Sambil kuliah, pemenang juga akan mendapatkan kesempatan berkarya dan digaji oleh Education Technology SEVIMA (PT. Sentra Vidya Utama).

“Saya memilih berkuliah di Sistem Informasi Binus University. Jadi dengan Beasiswa SEMESTA ini, saya sambil kuliah, sambil bantu-bantulah kerja buat keluarga,” ungkap Islam.

Kenal IT Berawal dari Jaga Warnet Milik Saudara
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1666 seconds (0.1#10.140)