10 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, Ini Daftarnya

Jum'at, 12 Agustus 2022 - 10:08 WIB
loading...
10 PTS Terbaik di Indonesia Versi Webometrics, Ini Daftarnya
10 PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Juli 2022. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Webometrics Ranking of World Universities kembali mengumumkan daftar pemeringkatan perguruan tinggi edisi Juli 2022. Sejumlah Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia pun masuk dalam pemeringkatan tersebut.

Pemeringkatan Webometrics dilakukan Cybermetric Lab, kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Penelitian yang dilakukan sejak 2004 ini melakukan pemeringkatan terhadap 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di dunia, dari lebih 200 negara.

Baca juga: Mengenal Kendaraan Listrik Hemat Energi Karya Perguruan Tinggi

Sistem pemeringkatan Webometrics bertujuan untuk mempromosikan publikasi Web, mendukung inisiatif Open Access, mendukung akses elektronik untuk publikasi ilmiah, dan materi akademik lainnya.

Setiap tahunnya, Webometrics menerbitkan ranking web dari perguruan tinggi di dunia setiap enam bulan sekali, yaitu pada edisi Januari dan Juli.

Ada tiga indikator penilaian yang diberlakukan di Webometrics. Yakni pertama, impact (50%), dinilai dari kinerja website dalam jumlah tautan/link (backlink/domain refferal) website.

Kedua, openness (bobot 10%), kriteria ini merupakan jumlah rujukan pada artikel jurnal dosen. Datanya bersumber dari google scholar. Ketiga, excellence (bobot 40%), jumlah rujukan dari artikel jurnal dosen di Scimago.

Dikutip dari laman resmi Webometrics, berikut ini 10 PTS terbaik di Indonesia berdasarkan Webometrics edisi Juli 2022.

1. Telkom University
Peringkat nasional: 7.

2. Universitas Bina Nusantara
Peringkat nasional: 11.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1214 seconds (10.177#12.26)