Profil Webometrics, Situs Web yang Menampilkan Peringkat Kampus Terbaik di Dunia

Senin, 15 Agustus 2022 - 17:34 WIB
loading...
Profil Webometrics, Situs Web yang Menampilkan Peringkat Kampus Terbaik di Dunia
Webometrics, sebagian orang mungkin masih cukup asing dengan istilah nama tersebut. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Webometrics , sebagian orang mungkin masih cukup asing dengan istilah nama tersebut. Biasanya, Webometrics ini muncul sebagai pemeringkat berbagai universitas yang tersebar di seluruh dunia .

Lantas, apakah sebenarnya Webometrics ini? Webometrics merupakan sebuah situs pemeringkatan perguruan tinggi se-dunia. Dikutip dari situs resminya, Webometrics Ranking of World Universities adalah inisiasi dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC).

Baca juga : UI Universitas Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Sekadar informasi, CSIC endiri merupakan badan penelitian publik terbesar di Spanyol dan salah satu yang terbesar di Eropa. Setiap tahunnya, pemeringkatan dipublikasikan sebanyak dua kali. Biasanya diumumkan pada akhir Januari atau Juli.

Program ini diketahui pertama kali dilakukan pada tahun 2004. Saat ini, Webometrics telah memberi peringkat kepada lebih dari 31.000 Institusi Pendidikan Tinggi di 200 negara di dunia.

Adapun editor pemeringkatan Webometrics merupakan ilmuwan yang bekerja di lembaga penelitian publik kelas dunia, sehingga memiliki pengalaman panjang perihal pembuatan ranking yang dipandu dengan metrik.

Lantas, bagaimana cara Webometrics melakukan penilaian dan membuat pemeringkatan terhadap perguruan tinggi? Awalnya, Cybermetrics Lab menggunakan 4 indikator utama, yaitu Presence, Visibility, Transparency, dan Excellence.

Baca juga : UI Kampus Terbaik Indonesia versi Webometrics 2021

Akan tetapi, saat ini indikator yang digunakan hanyalah 3, yaitu Visibility, Transparency, dan Excellence. Berikut lebih jelasnya:

1. Visibility atau Web Content Impact
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1934 seconds (11.210#12.26)