ITERA Kukuhkan 4.860 Mahasiswa Baru, 80 % dari Sumatera

Selasa, 16 Agustus 2022 - 08:55 WIB
loading...
ITERA Kukuhkan 4.860 Mahasiswa Baru, 80 % dari Sumatera
Pengukuhan 4.860 mahasiswa baru Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Foto/ITERA
A A A
JAKARTA - Rektor Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha resmi mengukuhkan 4.860 mahasiswa baru ITERA dalam Sidang Terbuka penerimaan mahasiswa baru ITERA tahun akademik 2022-2023, Senin 15 Agustus 2022.

Pengukuhan mahasiswa baru ditandai dengan ucap janji mahasiswa ITERA oleh seluruh mahasiswa baru, dilanjutkan dengan simbolis pemakaian jas almamater.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim, dalam sambutan secara dalam jaringan berharap, mahasiswa baru dapat memanfaatkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk terus membangun dan mengembangkan diri.

Baca juga: Dosen dan Mahasiswa FIK UPN Veteran Jakarta Gelar Layanan Kesehatan di Indramayu

“Program MBKM adalah pintu untuk menentukan arah kalian berjalan dan berlari ke arah masa depan, terus semangat dan saya tunggu partisipasi adik-adik semua untuk menjadi bagian dari Kampus Merdeka,” ujar Nadiem, melalui siaran pers, Selasa (16/8/2022).

Sementara Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam pidatonya kembali menyampaikan tujuan awal pendirian ITERA yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul di bidang sains dan teknologi, guna membangun Sumatera dan Indonesia.

Untuk itu, pada tahun ini, dari sebanyak 4.860 mahasiswa, 80,1 % mahasiswa baru ITERA berasal dari Pulau Sumatera. “Saya rasa jumlah ini ideal, karena kembali ke tujuan awal pendirian ITERA adalah untuk Sumatera,” ujar Rektor.

Dengan penambahan 4.860 mahasiswa baru tersebut, secara keseluruhan total mahasiswa aktif ITERA sampai dengan tahun 2022 yaitu sebanyak 19.605 mahasiswa, tersebar di 39 program studi sarjana (S1), dan satu program pascasarjana fisika.

Rektor berharap para mahasiswa baru ITERA selalu menjaga nama baik dan turut membanggakan ITERA sebagai almamater melalui prestasi dan kesuksesan. Selain itu, mahasiswa baru juga diminta aktif dalam organisasi guna melatih soft skill sebagai penunjang keahlian.

Sementara Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) ITERA Dr. Eko Satria dalam laporannya menyampaikan, sebanyak 4.860 mahasiswa baru ITERA tahun ini diterima melalui enam jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, SMMPTN-Barat, Ujian Seleksi Mandiri Prestasi Khusus, Ujian Seleksi Khusus Prodi Baru, serta jalur penerimaan Afirmasi Pendidikan Tinggi oleh Kemendikbudristek (Adik).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)