Lari Lintas Juang, Cara Unik SMA Labschool Jakarta Rayakan Kemerdekaan RI

Kamis, 18 Agustus 2022 - 08:26 WIB
loading...
Lari Lintas Juang, Cara Unik SMA Labschool Jakarta Rayakan Kemerdekaan RI
Wagub DKI A. Riza Patria melepas kegiatan Lari Lintas Juang yang digelar SMA Labschool Jakarta. Foto/SMA Labschool.
A A A
JAKARTA - SMA Labschool Jakarta merayakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 RI dengan cara yang cukup unik, berbeda dari sekolah lain. Peringatan HUT ke-77 RI ala Labschool diberi nama "Lari Lintas Juang" (Lalinju).

Rangkaian Lalinju diawali kegiatan renungan suci di TMP Kalibata, Jakarta dilakukan para siswa khususnya pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) dan MPK (Majelis Perwakilan Kelas) serta calon pengurus bersama guru-guru. Hampir 500 siswa dan guru mengikuti kegiatan tahunan tersebut.

Para siswa dan guru sudah berkumpul sejak pukul 4.00 WIB, Rabu 17 Agustus 2022. Setelah ibadah subuh bersama, dilanjutkan renungan suci sebagai refleksi kemerdekaan dan perjuangan para pahlawan yang ditutup doa untuk pahlawan nasional dan kebaikan bangsa dan negara.

Baca juga: HUT ke-77 RI, Nadiem Sampaikan Program Merdeka Belajar akan Berlanjut

Lalinju 17 Agustus 2022 kali ini dilepas oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta, A. Riza Patria yang hadir langsung di TMP Kalibata. Turut hadir Arief Rachman (pinisepuh Labschool-UNJ), Ahmad Sofyan Hanif (Kepala BPS Labschool YP-UNJ), Suparno Sastro (Kepala SMA Labschool Jakarta), para kepala SMA dari Labschool Kebayoran, Cibubur, dan Cireundeu, serta guru pendamping.

Dalam sambutan sekaligus motivasi kebangsaan, Wagub DKI Jakarta menyampaikan pentingnya kegiatan refleksi kemerdekaan seperti yang dilakukan Labschool ini. Perjuangan kemerdekaan bangsa yang dilakukan para pejuang patut diteladani oleh generasi muda kini untuk membangun karakter bangsa.

"Pemilihan lokasi ini menjadi simbol patriotisme, semangat cinta Tanah Air, semangat rela berkorban, menghargai jasa para pahlawan, serta membentuk karakter siswa," kata Riza, melalui siaran pers, Kamis (18/8/2022)

Selesai motivasi kebangsaan diberikan, para siswa dilepas Wagub berlari maraton ke sekolah masing-masing yang berlokasi di Rawamangun, Kebayoran, Kranggan, dan Cireundeu.

"Para siswa mengenakan simbol-simbol perjuangan seperti tongkat bambu pengganti bambu runcing, bendera merah putih, berlari maraton sambil mengumandangkan lagu-lagu kebangsaan. Melalui cara ini kami berharap anak-anak menghayati perjuangan kemerdekaan yang diteladankan para pahlawan," ungkap Kepala SMA Labschool Jakarta, Suparno Sastro.

Suparno melanjutkan, Labschool rutin melakukan acara ini setiap tahun, namun berhenti sementara saat Covid-19 2020-2021 lalu. Momentum HUT Kemerdekaan RI dibarengi pelantikan pengurus OSIS dan MPK baru. Para siswa yang terpilih menjadi pengurus sudah mengikuti proses seleksi sejak Juni 2022.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2304 seconds (10.177#12.26)