Ini 3 Kunci Mempersiapkan Karier bagi Mahasiswa yang Memasuki Tahap Akhir

Kamis, 18 Agustus 2022 - 13:38 WIB
loading...
Ini 3 Kunci Mempersiapkan Karier bagi Mahasiswa yang Memasuki Tahap Akhir
Mahasiswa kuliah sambil kerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Idealnya, sebelum seorang mahasiswa lulus dari universitas ia sudah harus merencanakan karier. Sehingga siap saat terjun ke medan kerja yang sesungguhnya.

Berikut beberapa tips jitu dalam mempersiapkan karier dari Nur Fajri Rahmawati, certified recruitment & selection yang juga bekerja di Career Development and Assessment IPB University.

Baca juga: 16 Sekolah Kedinasan yang Bisa Langsung Jadi PNS, Nomor 1 dan 3 Paling Diburu Lulusan SMA

Menurut Nur Fajri, setidaknya terdapat 3 kunci utama dalam mempersiapkan karier yakni memahami diri, memahami peluang dan bangun personal branding. Proses memahami diri meliputi eksplorasi akan kekuatan dan keunikan diri (skill), passion serta tujuan karier.

Skill merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan seseorang untuk bekerja. Seseorang dengan skill yang mumpuni akan membuatnya dipekerjakan dengan baik oleh perusahaan tempatnya bekerja.

“Sedangkan passion, adalah rasa cinta dan peminatan kita terhadap suatu hal. Jika kita mampu mengembangkan passion atau menemukan karier yang sesuai dengan passion, maka outputnya pun akan lebih optimal. Itu karena upaya yang kita keluarkan berasal dari kecintaan kita terhadap pekerjaan,” ujar Nur fajri dalam keterangan pers, Kamis (18/8/2022).

Baca juga: Inilah 15 Universitas Negeri Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2022

Kepala Bidang Pengembangan Karier, Training dan Konseling Indonesia Creative Cities Network (ICCN) Wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten periode 2020–2024 tersebut kemudian beralih pada tujuan karier. Menurutnya, tujuan karier perlu ditetapkan oleh mahasiswa dan lulusan sebagai standar parameter keberhasilan karier.

Sementara itu, lanjutnya, kunci kedua dalam mempersiapkan karier adalah memahami peluang kerja. Nur Fajri mengatakan bahwa dengan mempertimbangkan berbagai peluang karier yang ada, mahasiswa harus mampu meneropong peluang-peluang karier yang akan mampu bertahan di era saat ini dan masa depan. Serta tipe profesi yang tersedia untuk kompetensi dan potensi yang dimiliki.

“Setelah mahasiswa memahami peluang karier yang sesuai dengan skill dan passion masing-masing, maka akan lebih mudah bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri melalui berbagai kegiatan ataupun organisasi yang linier dengan tujuan kariernya,” katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1702 seconds (11.210#12.26)