Dukung Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Magang di Industri Pulp dan Kertas

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 20:23 WIB
loading...
Dukung Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Magang di Industri Pulp dan Kertas
Dukung program Kampus Merdeka, APP Sinar Mas kenalkan industri pulp dan kertas berkelanjutan kepada mahasiswa. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) terus mendapat dukungan dari dunia industri. Kali ini melalui Program Kolaborasi Kepemimpinan 44 mahasiswa dari berbagai universitas menjalani magang dan mengenal industri pulp dan kertas berkelanjutan di Asia Pulp & Paper (APP).

"Kami mendukung program yang diinisiasi oleh Kemendikbudristek ini, selain para mahasiswa mendapat pengalaman kerja secara langsung di lapangan, juga dapat mendalami industri pulp dan kertas yang berkelanjutan," ungkap Direktur APP Sinar Mas Suhendra Wiriadinata, melalui siaran pers, Jumat (19/8/2022).

Baca juga: 8 Fakta Sekolah Kedinasan di PKN STAN, dari Kuliah Gratis hingga Uang Saku

Suhendra juga menambahkan, industri pulp dan kertas merupakan salah satu industri strategis nasional. Berdasarkan data dari Asosiasi Pulp dan Kertas Indonesia (APKI) tahun 2020 dan 2021, saat ini Indonesia berada di peringkat 1 ASEAN, peringkat 3 untuk pulp dan peringkat 4 untuk kertas di tingkat Asia, serta peringkat 8 untuk pulp dan peringkat 6 untuk kertas ditingkat dunia dengan kontribusi 3,84 persen untuk GDP non migas.

Program magang yang berlangsung dari tanggal 18 Agustus 2022 sampai dengan 23 Desember 2022 diharapkan dapat memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensi para peserta program khususnya di bidang pulp dan kertas.

"Kami berharap mahasiswa yang telah menyelesaikan program magangnya di APP Sinar Mas, dapat memiliki wawasan dan konsep yang luas bagaimana penerapan Industri yang berkelanjutan atau green industry," terang Suhendra.

Salah satu peserta magang dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), jurusan Teknis Sistem dan Industri, Fitri A Simanjuntak mengaku sangat antusias mengikuti fase pertama kegiatan magang ini. "Dengan mengikuti kegiatan ini, saya berharap mendapat pengalaman bekerja secara profesional, dan mendapatkan culture positif perusahaan, selain bisa mengimplementasikan teori-teori yang diajarkan di kampus kedalam dunia kerja," ungkapnya.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah yang Cuma Ada Satu di Indonesia, Peluang Kerjanya Terbuka Luas

Kesempatan Karier

Dalam program magang Kampus Merdeka ini, APP Sinar Mas akan menempatkan 44 mahasiswa di 13 posisi dengan total 17 project selama program. 44 mahasiswa tersebut merupakan yang terpilih dari 8.000 lebih pendaftar yang masuk dari 500 lebih Universitas.

"Para peserta magang akan terlibat langsung di dalam project, dan mereka akan mendapat pembinaan langsung dari para expert di bidang masing- masing, "ungkap Norman Firmansyah Head HR Academy APP Sinar Mas.

Norman menambahkan, melalui program Kampus Merdeka, para peserta memiliki kesempatan yang sama untuk dapat terpilih ke dalam beberapa program APP Sinar Mas, seperti Graduate Trainee Program, Management Trainee Program, maupun posisi lain yang tersedia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7066 seconds (0.1#10.140)