SMP Labschool Kebayoran akan Unjuk Kebolehan di Festival Seni dan Budaya di Turki

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 22:42 WIB
loading...
SMP Labschool Kebayoran akan Unjuk Kebolehan di Festival Seni dan Budaya di Turki
Tim SMP Labschool Kebayoran, Jakarta, akan kembali mengikuti festival seni dan budaya internasional di Canakkale Turkey. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Tim Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) Labschool Kebayoran, Jakarta, akan kembali mengikuti festival seni dan budaya internasional di Canakkale Turkey.

Sejumlah tarian yang akan ditampilkan antara lain, Tari Bada Hatam dari Betawi, Tari Zapin dari Riau Melayu, dan Tari Gemohing dari NTT. Tari-tari tersebut diiringi oleh musik tradisional Indonesia.



Kepala SMP Labschool Kebayoran Yati Suwartini mengatakan bahwa SMP Labschool telah mengikuti festival seni dan budaya internasional sebanyak 10 kali sejak tahun 2010. Dua tahun terakhir terjadi pandemi sehingga perlombaan hanya mengikuti secara online.

Lebih lanjut Yati mengatakan festival ini sebagai salah satu upaya mengharumkan budaya Indonesia sebagai negara yang kaya akan keragaman suku bangsa, etnis, dan budaya. Tidak hanya tari dan musik busana Indonesia dalam festival juga akan membawa paket kuliner dan baju adat yang akan dipamerkan.

Dia menilai bahwa siswa sebagai generasi yang akan memimpin Indonesia ke depan harus memiliki wawasan global. Namun mereka tidak boleh lepas dari bangsa Indonesia dan melupakan warisan budaya.



Mereka akan mempromosikan bahwa kebudayaan telah menjadi ciri dan identitas Indonesia yang juga sekaligus berperan sebagai dasar ketahanan nasional serta pemersatu bangsa.

"Mereka akan memimpin negeri ini. Dia akan ingat bahwa mereka insyaallah akan berkontribusi tidak hanya untuk Indonesia tapi juga untuk global," kata Yati Suwartini kepada wartawan, Jumat (19/8/2022).

"Sebenarnya mereka tidak hanya akan mempromosikan tari dan musik tapi lengkap dengan busana, kuliner juga souvernir," jelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)