3 Tips Sukses Karier bagi Mahasiswa Jurusan IT, Lulusannya Banyak Diburu Perusahaan Besar

Minggu, 21 Agustus 2022 - 10:55 WIB
loading...
3 Tips Sukses Karier bagi Mahasiswa Jurusan IT, Lulusannya Banyak Diburu Perusahaan Besar
Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika (IT) ITS saat Orientasi Keilmiahan dan Keprofesian Berbasis Kompetensi (OK2BK) Sabtu (20/8). Foto/Dok/Sevima
A A A
JAKARTA - Mahasiswa baru biasanya memiliki banyak mimpi untuk masa depannya setelah lulus berkuliah. Bagi mahasiswa jurusan teknik informatika atau komputer (IT), mimpi yang banyak ditemukan adalah keinginan bekerja di perusahaan ternama.

Seperti membuat startup dan aplikasi canggih, hingga memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat dengan penerapan teknologi.



Sugianto Halim, CEO Sevima yang juga alumni Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ( ITS ), juga mengakui bahwa dirinya punya mimpi yang sama. Tapi dalam perjalanannya, ternyata mencapai mimpi tersebut tidak bisa langsung diraih sekejap setelah lulus berkuliah. Namun perlu perjuangan ekstra sepanjang 18 tahun Halim mendirikan Sevima.

“Mahasiswa yang masuk di Jurusan Informatika ini merupakan mahasiswa pilihan. Proses seleksinya sangat ketat bahkan menjadi salah satu yang terfavorit di Indonesia, karena (lulusan) bidang IT sedang tren dan sangat dibutuhkan," kata Halim dalam OK2BK bersama ribuan mahasiswa baru ITS, Sabtu (20/8/2022).

"Namun untuk sukses, perlu keterampilan dan menyiapkan langkah konkrit bagaimana setelah lulus mahasiswa bisa sukses dalam karir, yaitu saat bekerja dan berwirausaha di bidang IT,” tambahnya.



Berdasarkan pengalamannya memimpin Sevima, untuk mengembangkan sistem akademik semenjak masih berstatus mahasiswa ITS, hingga kini memimpin tiga perusahaan dan komunitas pendidikan yang tersebar di ribuan kampus se-Indonesia, Halim membagikan tips bagi para mahasiswa untuk sukses berkarier di bidang IT. Berikut tipsnya:

3 Tips Sukses Berkarier di Bidang IT

1. Memiliki Sikap yang Baik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6206 seconds (0.1#10.140)